MENENTUKAN KALIMAT UTAMA DALAM TEKS NONFIKSI

MATERI AJAR
JUM'AT 10 JANUARI 2020

TEMA 6 : MENUJU MASYARAKAT SEHAT
SUB TEMA2 : MEMBANGUN MASYARAKAT SEJAHTERA

MENENTUKAN KALIMAT UTAMA DALAM TEKS NONFIKSI
Kalimat utama adalah sebuah kalimat yang diperjelas oleh kalimat-kalimat lain dalam suatu paragraf. Dengan kata lain, kalimat utama adalah kalimat yang berisi gagasan utama. Kalimat penjelas adalah kalimat yang memperjelas, menguraikan, atau berupa rincian-rincian tentang kalimat utama. Dengan kata lain, kalimat penjelas adalah kalimat yang berisi gagasan penjelas.
Kalimat utama bisa terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, di awal dan akhir paragraf, atau di awal sampai akhir paragraf. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf disebut paragraf deduktif. Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf disebut paragraf induktif. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf disebut paragraf campuran
Kita dapat mengetahui isi dari teks dengan menentukan kalimat utamanya, setelah itu kita dapat mencatat informasi penting yang ada dalam teks.

MUATAN PPKN

HAK SEBAGAI WNI
Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama satu sama lain tanpa terkecuali. Persamaaan antara manusia selalu dijunjung tinggi untuk menghindari berbagai kecemburuan sosial yang dapat memicu berbagai permasalahan di kemudian hari.
Hak adalah sesuatu yang patut atau layak diterima. Sedangkan kewajiban adalah suatu beban atau tanggungan yang bersifat kontraktual. Dengan kata lain kewajiban adalah sesuatu yang sepatutnya diberikan.

  1. Contoh Hak Warga Negara Indonesia:
  2. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum.
  3. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak.
  4. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan.
  5. Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai.
  6. Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran.
  7. etiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh. 
  8. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku
MUATAN IPS 
CINTA TANAH AIR
Cinta tanah air adalah ungkapan perasaan atau perbuatan rasa kagum dan bangga akan tanah air ini (bangsa kita) yang menimbulkan keinginan untuk melindungi, menjaga, merawat dan membela yang dapat merusak kesatuan NKRI, juga di sisi lain rela berkorban, serta berbuat segala hal demi kebaikan dan kemajuan bangsa ini.

Contoh sikap sikap tanah air:
1. Mengikuti siskamling demi terciptanya keamaan di lingkungan sekitar dan menhikuti gotong royong demi kerukunan antar tetangga dan memiliki rasa kepedulian akan lingkungan sekitar
2. Menjaga keharuman nama baik bangsa Indonesia dimanapun berada ( jika di luar pun bersikap baik dan sopan yang mencerminkan sikap bangsa Indonesia yang ramah tamah dan ikut berpartisipasi dalam ajang kebudayaan Indonesia yang diselenggarakan di luar baik saat sekolah maupun bekerja disana.)
3. Menggunakan hak pilih saat pemilu dan tidak golput demi menyuarakan hak suara dan tidak bersikap acuh tak acuh akan pemerintahan bangsa
4. Menjaga kerukunan antar umat Bergama, karena Indonesia terdiri dari beberapa agama resmi yang diakui pemerintah maka menjaga kerukunan adalah sangat penting ketika bermasayarat salah satunya adalah saling bersilahturahmi saat acara besar keagamaan dan ikut menjaga kelancaran ibadah antar umat beragama.
5. Mempelajari budaya daerah lain dengan penuh semangat
6. Saling menghargai dan menghormati antarwarga masyarakat
7. Mengutamakan kepntingan bersama daripada kepentingan sendiri

0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 8 SUB 2 PB 4-6

Kelas : 2 A Tema        : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan Subtema : 2 Menjaga Keselamatan di Rumah Pembelajaran :  4-...

Menu

BTemplates.com