MATERI AJAR
RABU, 22 JANUARI 2020
MUATAN SBdP TENTANG TANGGA NADA DAN INTERVAL NADA
Interval (musik) adalah
sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke
atas atau jarak nada ke bawah. Interval memiliki beberapa nama yaitu:
- Prim: yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do
- Sekon: yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re
- Terts: yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi
- Quart/Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
- Quin/Kuint: adalah interval lima nada.
- Sekt: adalah interval enam nada.
- Septim: adalah interval tujuh nada.
- Oktaf: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb.
TANGGA NADA
1. Tangga nada diatonis mayor memiliki 7 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2
Tangga nada diatonis minor memiliki 7 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - 2 - b3 - 4 - 5 - b6 - b7 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2 - 1
2. Tangga nada pentatonis mayor memiliki 5 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - 2 - 3 - 5 - 6 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 - 1 - 1 1/2 - 1 - 1 1/2
3. Tangga nada pentatonis minor memiliki 5 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - b3 - 4 - 5 - b7 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 1/2 - 1 - 1 - 1 1/T2 - 1
MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG ISI TEKS PIDATO
Pidato merupakan sebuah kegiatan
berbicara di depan umum untuk menyatakan pendapat, atau memberikan
gambaran mengenai suatu hal. Nah, sebelum berpidato biasanya pembicara
akan membuat teks pidato terlebih dahulu sebagai panduan saat berbicara
di depan umum. Setelah mengetahui maknanya, sekarang kita akan mulai
membedah teks pidato. Apa saja unsur dan struktur teks pidato yaitu :
A. Pembukaan
1. Salam Pembuka
Struktur pertama yang terdapat pada teks pidato adalah pembukaan. Pada bagian pembukaan, terdapat salam pembuka. Salam pembuka pasti terletak pada bagian awal teks pidato yang menjadi awalan atau pembukaan pidato.
Contoh salam pembuka:
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua siswa dan guru SMA 1 Bandung.
2. Ucapan Penghormatan
Bagian selanjutnya dalam pembukaan adalah ucapan penghormatan.
Biasanya ucapan penghormatan dimulai dari penyebutan orang dengan
jabatan tertinggi yang hadir dalam kegiatan pidato. Misalnya, jika
pidato dilakukan di sekolah ucapan penghormatan dapat dimulai dari
penyebutan kepala sekolah yang memiliki jabatan tertinggi di sekolah,
kemudian bapak dan ibu guru pengajar, dan terakhir teman-teman yang
hadir.
Contoh ucapan penghormatan:
Yang saya hormati,
Ibu Kepala SMA Negeri 1 Bandung, Ibu Nanan Nurhanani S.Pd. Yang saya
hormati, bapak dan ibu guru beserta staf SMA Negeri 1 Kota Bandung, dan
juga teman-teman seperjuangan saya yang saya cintai.
3. Ucapan syukur
Bagian pembukaan selanjutnya adalah ucapan syukur.
Pada bagian ini, biasanya orator (orang yang berpidato) mengucapkan
syukur karena dapat hadir dan berkumpul dengan para pendengar yang
datang.
Contoh ucapan syukur:
Puji dan syukur
kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena telah melimpahkan rahmat dan
karunia-Nya sehingga kita dapat hadir dan berkumpul di sini. Tak lupa,
salawat serta salam kita sampaikan kepada nabi besar Nabi Muhammad SAW.
Tidak lupa juga para sahabatnya serta kita umatnya di akhir zaman.
B. Isi Pidato
Struktur yang kedua setelah
pembukaan adalah isi pidato. Pada bagian isi pidato, pembicara akan
menyampaikan inti dari topik pidato yang disampaikan.
Contoh isi pidato:
Pada kesempatan
kali ini, saya akan menyampaikan pidato tentang manfaat teknologi. Pada
era ini, sudah banyak teknologi – teknologi canggih yang diciptakan
untuk mempermudah cara hidup kita di zaman ini. Dengan kecanggihannya,
kita dapat mempersingkat waktu dan mempercepat penyelesaian kerja.
Namun, tetap ada yang menerima dan meresponnya secara negatif dengan
berbagai alasan. Seperti dengan alasan teknologi – teknologi yang sudah
ada secara tidak langsung telah menyingkirkan budaya – budaya sehari –
hari yang telah ada.
Hadirin sekalian,
sebenarnya banyak manfaat yang telah dan akan kita dapatkan dengan
penggunaan teknologi – teknologi. Sebagai contoh, kita dapat
berkomunikasi dengan kerabat atau keluarga kita di tempat yang jauh
dengan menggunakan telefon genggam. Kita juga dapat mempermudah hal
dalam urusan rumah tangga, seperti mencuci baju dengan mesin cuci
ataupun memasak nasi dengan penanak nasi listrik atau biasa disebut rice cooker.
Bahkan internet pun sudah sangat akrab dengan kehidupan sehari – hari
kita. Biasanya dimanfaatkan untuk dimanfaatkan untuk mencari informasi
atau menghilangkan penat, seperti bermain permainan yang disediakan
internet.
Pada kutipan teks di atas, dapat
kita lihat bahwa kedua paragraf tadi sudah masuk ke dalam hal penting
yang ingin disampaikan, yaitu mengenai manfaat teknologi.
C. Penutup
Struktur terakhir adalah penutup.
Pada bagian penutup akan disampaikan kesimpulan tentang topik utama
pidato. Terkadang, pembicara juga akan menyampaikan saran-saran untuk
orang lain.
Contoh penutup:
Baik buruknya
teknologi itu sendiri, bergantung kepada orang yang memanfaatkannya.
Saya berharap, kita dapat memanfaatkan teknologi itu sesuai dengan
manfaat dan tujuan teknologi itu sendiri dibuat. Supaya tidak terjadi
penyalahgunaan yang dapat merugikan kita sendiri dan orang lain.
Demikian pidato
ini saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf
bila ada salah kata. Wabillahitaufiq walhidayah. Assalammualaikum Wr.
Wb.
MUATAN IPA TENTANG PERAN ORANG TUA PADA MASS PUBERTAS
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menyikapi anak yang menjelang masa remaja awal, yaitu:
1. Menjalin komunikasi dua arah
Sebagai orang tua, kita tidak selamanya tahu apa yang anak inginkan dan lakukan pada pergaulannya. Apalagi sebagai remaja awal (adolescence)
yang memiliki banyak keinginan. Namun kita tidak usah hawatir tentang
hal tersebut, menjalin komunikasi dua arah adalah solusi terbaik untuk
mengetahui sebagian besar hal tentang mereka.
Berilah kesempatan buat mereka untuk bercerita dan mencurahkan isi
hatinya, karena remaja cenderung suka bercerita dibanding mendengarkan.
Nah. setelah mereka bercerita, kita sebagai pendengar bisa sedikit demi
sedikit memberikan masukan dengan nada bercerita pula. Hal itu agar
mereka tidak merasa seperti dihakimi atau dinasihati.
2. Bekerja sama dengan guru
Bagi orang tua yang mempunyai sedikit waktu untuk bisa berkomunikasi
intensif dengan anak, guru di sekolahan menjadi solusi. Artinya orang
tua bisa memberikan otoritas kepada sekolah untuk bisa mendidik dan
mengarahkan anaknya dengan kesepakatan tertentu. Dengan adanya
kesepakatan antara orang tua dan guru, maka pihak sekolah atau guru akan
lebih leluasa untuk mengatur dan mengontrol perilaku si anak remaja.
3. Menghilangkan persepsi “pacaran adalah penyemangat belajar”
Maraknya perilaku pacaran berlebihan di kalangan pelajar seringkali karena alasan, “pacaran adalah penyemangat belajar”. Sebenarnya itu suatu pembohongan kepada publik, karena tidak ada sejarah yang mengatakan “pelajar sukses berkat pacaran di sekolah”, mungkin yang relevan adalah “pelajar stress berkat pacaran di sekolah”.
Mengapa demikian? Pacaran di sekolah bukannya membuat semangat si anak,
hal itu malah justru akan membuat mereka tidak fokus pelajaran karena
terlalu memikirkan si pacar. Apalagi jika keduanya pada suatu saat
memutuskan hubungan, semua bisa menjadi berantakan.
4. Memperkenalkan anak pada ajaran, norma dan nilai agama
Memperkenalkan norma dan nilai agama menjadi hal penting dalam
membentengi remaja dari pergaulan yang melampaui batas. Sebab dalam
agama, ada batasan-batasan yang mengatur bagaimana etika bergaul dan
bersosialisasi dengan orang lain, terutama lawan jenis.
Memperkenalkan anak pada ajaran agama dapat memberikan kesibukan positif
bagi mereka seperti rajin salat, mengaji dan berorganisasi sosial
keagamaan. Sedangkan memperkenalkan mereka pada norma dan nilai agama
dapat membatasi mereka dalam berperilaku.
5. Mengawasi mereka dalam penggunaan telepon pintar, tablet dan menonton televisi.
Maraknya acara televise yang tidak mendidik menjadi tantangan besar bagi
orang tua. Ditambah lagi dengan kemudahan akses dunia maya yang
memberikan peluang besar bagi para remaja untuk melakukan hal positif
maupun Sudah tidak mungkin lagi bagi remaja yang mempunyai alat
komunikasi canggih (smartphone) untuk tidak melihat content dewasa yang seharusnya bukan konsumsi mereka.
Bahkan tanpa harus dicari, tawaran-tawaran tentang konten-konten dewasa
sudah banyak bertebaran. Hal tersebut menjadi kewajiban tambahan orang
tua untuk selalu bisa memberikan pengawasan bagi anak remaja mereka
(termasuk mengecek penggunaan media sosial), terutama tentang apa yang
mereka tonton dan komunikasikan dengan orang lain di dunia maya.
MUATAN PPKN TENTANG MAKNA SILA PERTAMA PANCASILA DAN PENERAPANNYA SEHARI-HARI
MUATAN IPS TENTANG PERAN INDONESIA DI ASEAN DALAM BIDANG EKONOMI
ASEAN
adalah sebuah organisasi negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang
dibentuk guna menjalin kerjasama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi,
kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya,
memajukan perdamaian dan stabilitas di tingkat regionalnya, serta
meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya
dengan damai.
Pembahasan
Indonesia selaku pelopor organisasi ASEAN, memiliki peran
penting di dalam organisasi ini, salah satunya dalam bidang ekonomi.
Berbagai peran Indonesia di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN, antara lain :
1.Mendukung terbentuknya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
2.Ikut serta berperan dalam lumbung padi ASEAN.
Ikut serta dalam melakukan kerjasama di sektor Industri, salah satunya ASEAN Aceh Fertilizer Project.
Indonesia sebagai salah satu pelopor dan pendiri Organisasi kerja sama ekonomi antarnegara.
Tuan rumah KTT ASEAN.
Berperan aktif dalam AFTA (ASEAN Free Trade Area)
MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG MENGIDENTIFIKASI TEKS PIDATO
Adapun beberapa langkah-langkah di dalam menyusun atau membuat pidato antara lain :
1. Menentukan tema atau pokok pembicaraan yang disesuaikan dengan tujuan pidato.
2. Mendaftar pokok-pokok yang akan disampaikan dalam pidato.
3. Menyusun kerangka pidatoSecara umum dalam proses pembuatan atau
kerangka pidato mengandung tiga bagian pokok sebagai berikut :
a. Pendahuluan
Bagian ini biasanya berisi salam pembuka, ucapan syukur kepada Tuhan,
atau ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang terkait. Selain itu,
dalam bagian ini juga secara tidak langsung menyampaikan tujuan pidato.
( baca pada tujuan pidato ).
b. Isi
Isi pidato harus sesuai dengan tujuan dan tema atau pokok pembicaraan yang telah ditentukan sebelumnya.
c. Penutup
Penutup merupakan kunci keseluruhan isi pidato. Bagian ini biasanya
berupa reruan umuk membangkitkan semangat, saran, harapan-harapan,
ringkasan penting, ucapam terimakasih, permohonan maaf, dan salam
penutup.
4. Menyusun atau mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah atau teks pidato dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami.
0 Comments:
Posting Komentar