PIDATO

MATERI AJAR
SENIN TANGGAL 20 JANUARI 2020

MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG PENGERTIAN PIDATO
Pidato adalah suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai untuk menyampaikan pernyataan, gagasan, ide, petunjuk, atau nasehat, dengan susunan kata yang baik.
Pendapat lain mengatakan pengertian pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyampaikan pernyataan atau memberikan gambaran mengenai suatu hal.

Fungsi Pidato Secara Umum
Kegiatan berbicara di depan umum tentunya memiliki fungsi tertentu di dalam masyarakat. Mengacu pada pengertian pidato, adapun beberapa fungsi pidato adalah sebagai berikut:
  • Memudahkan Komunikasi; proses komunikasi kepada khalayak ramai bisa menjadi sesuatu yang sulit dilakukan. Pidato adalah salah satu cara untuk memudahkan berkomunikasi dengan khalayak ramai untuk menyampaikan suatu gagasan atau hal lainnya. 
  • Media Komunikasi; setiap organisasi membutuhkan metode komunikasi yang efektif untuk menyampaikan informasi kepada anggotanya. Dengan cara berpidato, ketua organisasi dapat memberikan informasi penting kepada seluruh anggota organisasi tersebut.
  • Membangun Suasana Kondusif; komunikasi dengan cara berpidato dianggap sebagai salah satu cara untuk membangun suasana kondusif karena hanya satu orang yang berorasi.
  • Membangun Hubungan Harmonis; dalam suatu organisasi, pidato menjadi salah satu cara berkomunikasi langsung antara atasan dan bawahan.
Tujuan pidato adalah :
Memberikan Informasi; pada dasarnya pidato merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi kepada khalayak. Informasi tersebut bisa berupa gagasan, ide, atau hal-hal lain yang dianggap penting.Memengaruhi Pendengar; salah satu tujuan penting dari pidato adalah agar informasi yang disampaikan pembicara dapat memengaruhi para pendengarnya dan mau mengikuti gagasan pembicara tanpa paksaan.Menyenangkan Orang Lain; pidato juga memiliki tujuan untuk membuat orang lain senang dan merasa puas dengan apa yang disampaikan oleh pembicara.

Ciri-ciri sebuah pidato sebagai berikut :
  • Setiap pidato terdapat tujuan yang jelas, yaitu untuk menyampaikan gagasan, ide, atau hal lainnya di depan umum.
  • Isi pidato yang disampaikan sesuai dengan topik tertentu yang sedang atau akan berlangsung.Penyampaian pidato menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh para pendengarnya.
  • Cara penyampaian pidato disesuaikan dengan audiens atau para pendengarnya.
  • Isi pidato harus jelas, objektif, mengandung kebenaran, dan tidak menimbulkan .
MUATAN IPA TENTANG PERBANDINGAN FISIK SEBELUM, SAAT DAN SETELAH MASA PUBERTAS
Pada anak perempuan, perubahan fisik pubertas dimulai pada usia sekitar 10 atau 11 tahun. Sebagian besar memperlihatkan beberapa tanda perkembangan di usia 13 tahun dan cenderung tak ada perubahan selanjutnya setelah usia 16 tahun.Pubertas terjadi lebih awal dari yang terjadi di masa lalu. Di tahun 1980, sebagian besar anak perempuan mendapat menstruasi pertamanya di usia 15 tahun, saat ini menstruasi dimulai pada usia 12-13 tahun.
Perubahan tubuh wanita disebabkan oleh kerja dua hormon, estrogen dan progesteron. Belum diketahui apa penyebab hipotalamus mulai melepas GmRH, hormon pemicu pubertas, tapi faktor sosial dan psikologis, serta pola makan turut berperan.

Tanda pertama pubertas adalah berkembangnya payudara, lalu rambut mulai tumbuh di daerah ketiak dan pubis. Rambut kaki menebal dan bentuk tubuh berubah, dengan penambahan lemak tubuh. Rambut dan kulit mulai berminyak, yang dapat menimbulkan jerawat. Akhirnya menstruasi (haid) dimulai. Anak perempuan merasa dapat merasa lelah, serta memiliki suasana hati yang berubah-ubah, dan perasaan sensitif.

Tinggi Badan , Anak perempuan mencapai setengah tinggi dewasanya tepat sebelum ulang tahun kedua mereka; pertumbuhan cepat saat pubertas dimulai dua tahun lebih cepat pada anak perempuan daripada laki-laki, 

Rambut Ketiak berbulu, Perkembangan PayudaraDaerah di sekitar puting membesar dengan sejumlah kecil jaringan payudara di dalamnya, 

Pinggul Melebar, Pelvis dan pinggul melebar dan pinggang menyempit akibat penyebaran lemak yang dipengaruhi oleh hormon wanita.
Tumbuh Rambut Pubis di kemaluan

Perubahan Dalam Tubuh, Tingkat pertumbuhan lebih cepat di awal pubertas, sebelum mulai menstruasi, dan mencapai puncaknya pada usia sekitar 12 tahun, saat pertumbuhan mencapai 9 cm dalam setahun.Pertumbuhan melambat, biasanya berhenti pada usia 14 dan 16, saat hormon membuat pertumbuhan epifisis di tulang panjang berosifikasi sehingga tidak lagu dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan.

MUATAN SBdP TENTANG TANGGA NADA DAN INTERVAL NADA
Interval (musik) adalah sebuah jarak antara nada satu ke nada yang lainnya. baik jarak nada ke atas atau jarak nada ke bawah. Interval memiliki beberapa nama yaitu:
1. Prim: yaitu interval nada dari nada satu ke nada yang sama. Misal: dari nada do ke do
2. Sekon: yaitu interval nada dari nada satu ke nada kedua di atas atau di bawahnya. Misal nada do ke re
3. Terts: yaitu interval nada dari nada satu ke nada ketiga: Misal nada do ke mi
4. Quart/Kuart: yaitu interval dari nada kesatu ke nada keempat di atasnya. Misal nada do ke fa, re ke sol, mi ke la, dsb.
5. Quin/Kuint: adalah interval lima nada.
6. Sekt: adalah interval enam nada.
7. Septim: adalah interval tujuh nada.
8. Oktaf: adalah interval delapan nada, dalam musik diatonis oktav mengidentifikasikan pengulangan nada yang sama hanya dalam tingkatan yang lebih tinggi. Misal nada do rendah ke nada do tinggi, sol bawah ke sol tinggi, dsb.

TANGGA NADA
Tangga nada diatonis mayor memiliki 7 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2
Tangga nada diatonis minor memiliki 7 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - 2 - b3 - 4 - 5 - b6 - b7 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2 - 1
2. Tangga nada pentatonis mayor memiliki 5 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - 2 - 3 - 5 - 6 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 - 1 - 1 1/2 - 1 - 1 1/2
Tangga nada pentatonis minor memiliki 5 nada yang formulanya dapat ditulis dengan :
1 - b3 - 4 - 5 - b7 - 1
Tangga nada tersebut memiliki interval sebagai berikut :
1 1/2 - 1 - 1 - 1 1/T2 - 1

PENILAIAN HARIAN 1 TEMA 6 (MENUJU MASYARAKAT SEJAHTERA)

0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 8 SUB 2 PB 4-6

Kelas : 2 A Tema        : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan Subtema : 2 Menjaga Keselamatan di Rumah Pembelajaran :  4-...

Menu

BTemplates.com