JENIS REKLAME POSTER DAN BROSUR

MATERI AJAR 
HARI RABU TANGGAL 15 JANUARI 2020


MUATAN SBDP
JENIS REKLAME POSTER DAN BROSUR
Reklame adalah suatu pemberitahuan pada khalayak umum mengenai barang dagangan agar laku dengan menggunakan kata-ata atau gambar yang menarilk. Reklame diartikan sebagai salah satu jenis karya seni rupa yang tujuan utamanya adalah menginformasikan, menganjurkan, mengajak atau pun menawarkan produk baik itu barang atau jasa pada kosumen lewat media visual.

Adapun jenis jenis reklame antara lain sebagai berikut :
  
1. Brosur
Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame brosur.


2. POSTER
Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis. Berikut ini contoh reklame poster


Reklame dibagi menjadi tiga kelompok umum yakni:
  1. REKLAME, VISUAL contohnya plakat, poster, spanduk, selebaran, baliho, etalase dan lain sebagainya.
  2. REKLAME AUDIO. Contohnya iklan di radio, podcast dan lain sebagainya.
  3. REKLAME AUDIO-VISUAL. Contohnya iklan di televisi, video musik, video iklan di internet dan lain sebagainya
MUATAN BAHASA INDONESIA
MENENTUKAN GAGASAN UTAMA DARI TEKS YANG DIDENGAR


Gagasan Utama adalah pikiran utama yang terdapat dalam bacaan. Dalam setiap paragraf juga selalu memiliki gagasan utama, bisa itu di awal, akhir, atau disemua kalimat dalam paragraf. Langkah- langkah menemukan gagasan utama dari teks yang dibacakan :
  • Dengarkan teks yang dibaca dengan sungguh-sungguh
  • Catat kalimat utama dalam teks yang dibacakan 
  • Tentukan gagasan utama dari kalimat utama tersebut.  

MUATAN IPA
CIRI-CIRI MASA PUBERTAS PADA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN 
Ciri-ciri pubertas dapat ditemukan pada remaja lelaki dan perempuan. Untuk perempuan, bagian payudara akan mulai berkembang dan fase menstruasi dimulai. Pada lelaki, ciri-ciri pubertas akan ditandai dengan suara akan mulai bertambah berat dan rambut halus akan tumbuh pada bagian wajah. Usia normal perempuan memulai masa pubertas adalah 11 tahun, sementara rata-rata usia laki-laki memasuki masa pubertas adalah 12 tahun. Walaupun demikian, masa pubertas ini berbeda bagi setiap orang. Normalnya, rentang usia dimulainya pubertas adalah 8-14 tahun, Proses pubertas ini bisa berlangsung sampai 4 tahun.

Ciri-ciri pubertas pada perempuan

  • Payudara akan mulai tumbuh dan terkadang terasa lebih lembut. Perubahan ini bisa terjadi pada salah satu payudara terlebih dahulu, kemudian disusul bagian lainnya.
  • Rambut kemaluan mulai tumbuh dan kadang tumbuh rambut juga di sekitar tangan dan kaki
  • Perubahan pada tubuh mulai terlihat dengan panggul yang mulai melebar
  • Pinggang yang mulai terlihat lebih kecil
  • Muncul lemak yang akan mulai menumpuk pada bagian perut dan pantat

Perubahan yang terjadi karena pubertas pada perempuan

Selama masa pubertas, organ seksual mulai berfungsi dan proses menstruasi berjalan. Jika periode menstruasi telah dimulai, maka kehamilan juga dapat terjadi. Alat kelamin perempuan akan mengeluarkan cairan yang mengindikasikan organ seksual mereka sudah aktif. Itulah salah satu ciri-ciri pubertas pada perempuan. Kulit menjadi lebih berminyak dan tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat sehingga dibutuhkan deodorant untuk menghilangkan bau badan akibat keringat. Hal ini disebabkan karena kelenjar minyak dan kelenjar keringat mulai berkembang. Jerawat juga merupakan ciri-ciri pubertas yang bisa muncul. Selain perubahan fisik, ciri-ciri pubertas juga bisa terlihat dari perubahan emosional. Salah satu bentuknya adalah rasa ketidaknyamanan terutama saat menstruasi. Hal ini wajar karena kadar hormon yang fluktuatif selama siklus menstruasi. Jika perubahan emosi ini terasa mengganggu, dokter biasanya menyarankan mengonsumsi obat-obatan tertentu dan perubahan gaya hidup yang lebih sehat, seperti rutin berolahraga.

Ciri-ciri pubertas pada laki-laki

  • Testikel yang bertambah besar dan bagian skrotum terlihat menipis dan berwarna kemerahan.
  • Rambut kemaluan muncul pada area sekitar penis dan rambut-rambut halus muncul pada ketiak dan kaki.
  • Mulai berkeringat dalam jumlah banyak
  • Perubahan warna suara yang awalnya serak menjadi lebih berat
  • Mengalami “mimpi basah”, yaitu ejakulasi pertama yang biasanya dialami ketika sedang tidur.
  • Jerawat pada wajah dan kulit mulai berminyak
  • Mengalami pertambahan tinggi

Perubahan yang terjadi karena pubertas pada laki-laki

Secara keseluruhan, ciri-ciri pubertas akan terlihat saat tubuh laki-laki menjadi lebih berotot dan tumbuh lebih banyak rambut pada wajah, sekitar paha bagian dalam, dan di sekitar penis. Perubahan pada penis semakin terlihat dan berbentuk layaknya penis laki-laki dewasa. Perubahan emosional juga menjadi ciri-ciri pubertas. Perubahan ini bisa menjadi hal yang menyenangkan karena terjadi perkembangan pada perasaan-perasaaan baru. Namun, perkembangan emosi yang naik turun ini dapat memberikan dampak berupa perubahan suasana hati yang sulit dijelaskan, perasaan rendah diri, agresivitas, dan depresi. 

MUATAN BAHASA INDONESIA
MENEMUKAN INFORMASI PENTING DARI TEKS YANG DIDENGAR
 
Setiap paragraf memiliki informasi penting. Informasi penting tersebut ditunjukkan oleh kalimat utama dan berisi informasi umum dari sebuah paragraf.
Langkah- langkah menemukan informasi penting dari teks yang didengar :
  • Simak keseluruhan teks yang akan dibacakan guru
  • Catat informasi penting dalam bentuk point-point
  • Catat kata kunci dari teks tersebut
  • Kembangkan poin-poin tersebut menjadi kalimat yang utuh
  • Rangkai kalimat tersebut menjadi paragraf yang baru
MUATAN PPKN
MANFAAT MELAKSANAKAN TANGGUNG JAWAB DALAM KEHIDUPAN SEHARI- HARI
Rasa tanggung jawab adalah sifat yang harus dimiliki oleh setiap orang karena dengan sifat ini banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan.Oleh sebab itu, sebagai manusia kita harus menjadi seseorang yang bertanggung jawab atas segala yang dilakukan.
Berikut beberapa manfaat tanggung jawab yang dapat kita peroleh, diantaranya :
1. Dihargai oleh orang lain
Pada umumnya, Seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab akan lebih dihargai oleh orang lain. Hal ini karena dengan rasa tanggung jawab akan membuat seseorang dapat diandalkan dan juga akan lebih dipercaya dalam mengemban tugas.
2. jarang melakukan kesalahan
Seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab, biasanya akan jarang melakukan kesalahan di dalam menjalankan tugasnya.
Hal ini karena mereka akan sangat berhati-hati dalam mengerjakan tugasnya dan mereka memiliki kecenderungan lebih teliti untuk memeriksa pekerjaannya.
3. Dapat dipercaya
Seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab akan lebih mudah dipercaya oleh orang lain.
Rasa Kepercayaan ini bisa didapat dari hasil yang sudah dikerjakan oleh seseorang sebelumnya.
3. Meningkatkan peluang kesuksesan
Sifat tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang pada umumnya dapat meningkatkan peluang kesuksesan. Hal ini karena orang yang memiliki rasa tanggung jawab akan lebih dipercaya, lebih berhati-hati dan juga akan menjalankan pekerjaan dengan baik dan benar.
4. Hasil kerja yang dikerjakan lebih memuaskan.
Ketika anda menjadi seseorang yang bertanggung jawab maka anda akan lebih fokus pada hasil akhir sehingga mereka akan maksimal dalam menjalankan pekerjaannya.
Dengan demikian, orang lain akan membuat orang lain menjadi puas atas pekerjaan yang anda kerjakan. Tentunya hal ini akan menbuat anda akan disukai dan dipercaya oleh orang sekitar lingkungan anda.
Pubertas remaja laki-laki Perubaha fisik pada laki-laki ditandai dengan beberapa hal, yaitu: Mimpi basah Remaja laki-laki yang sudah memasuki masa pubertas akan mengalami "mimpi basah". Hal ini umum terjadi dan sebagai tanda kematangan organ seksual pada laki-laki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ciri-ciri Pubertas Laki-laki dan Perempuan", https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/12/060000369/ciri-ciri-pubertas-laki-laki-dan-perempuan?page=all.
Penulis : Serafica Gischa
Editor : Serafica Gischa
MUATAN IPS
UPAYA MEWUJUDKAN KEHIDUPAN YANG SEJAHTERA
Sejak dini anak anak maupun pelajar dan mahasiswa wajib diajarkan bagaimana hidup rukun, baik dilingkungan belajar mengajar, di rumah maupun di keluarga. Untuk disekolah maupun dikampus tentunya hidup rukun penting diterapkan pada pada teman teman serta guru maupun dosen di tempat belajar mengajar. Kita wajib membantu satu sama lain layaknya saudara sendiri.
 
Hal sederhana hidup rukun dalam penerapannya di lingkungan pendidikan adalah dengan meminjamkan alat tulis kepada teman yang membutuhkan. Setiap hari pasti ada saja teman yang lupaembawa pensil, penghapus, penggaris dan alat tulis lainnya. Jika kita mengetahui kondisi teman kita seperti ini alangkah baiknya bisa meminjamkan alat tulis yang kita miliki.
 
Kemudian saat guru maupun dosen menerangkan dan menjelaskan. Beberapa materi pelajaran, seringkali ada anak yang belum memahami dengan materi yang disampaikan. Jika kita kebetulan sudah cukup memadai dan mengerti, juga akan lebih baik mencobabantu menjelaskan kepada teman kita mengenai materi yang belum dipahami tersebut.
 
Hal hal ini merupakan langkah awal mewujudkan masyarakat sejahtera kedepannya dimulai sejak di bangku sekolah saat mengenyam pendidikan.
Ketika kita sudah mulai melakukan kegiatan bersama sama, gotong royong, saling menolong, berarti kita sudah mewujudkan hidup rukun dalam lingkungan kita. Karena sudah melaksanakan kegiatan bersama sama, seperti sedang menjalani proses belajar mengajar bisa menolong teman yang membutuhkan sehingga suasana dalam proses belajar mengajar tersebut terasa damai dan sejahtera 
Saling tolong menolong mewujudkan kesejahteraan bersama dan kerukunan ini tidak memiliki perbedaan agama, aliran agama, ras maupun suku yang berbeda. Semuanya dilakukan dengan penuh kedamaian demi terwujudnya kegiatan belajar mengajar yang menonjolkan Budi pekerti, saling memahami, saling toleransi dan  mengormati  perbedaan.
Itulah harapan terpenting dari hidup rukun dan damai sehingga bisa mewujudkan masyarakat sejahtera, ketika para pelajar sudah menyelesaikan pendidikannya dan berbaur pada masyarakat dan lingkungannya. (RAW).
 

0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 8 SUB 2 PB 4-6

Kelas : 2 A Tema        : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan Subtema : 2 Menjaga Keselamatan di Rumah Pembelajaran :  4-...

Menu

BTemplates.com