TARI KREASI BERPASANGAN

MATERI AJAR
JUM'AT, 24 JANUARI 2020

MUATAN SBdP TENTANG TARI KREASI BERPASANGAN
Sudah jelas kalau tari kreasi berpasangan ini dilakukan dan dimainkan oleh sepasang pria dan perempuan atau dua orang. Tari berpasangan ini lebih suliut dilakukan karena harus saling selaras dan harmonis sebagai pertunjukan panggung.

Berikut ini adalah 8 contoh tari kreasi berpasangan yaitu :
1. Tari Serampang Dua Belas 
Tari kreasi berpasangan yang pertama adalah Tari Serampang Dua Belas yang berasal dari Melayu Deli yaitu provinsi Sumatera Utara. Tari Serampang Dua Belas ini menceritakan tentang sepasang bujang yang menjalin cinta dalam menemukan jodohnya. 
Related image
2. Tari Payung 
Tari Payung ini berasal dari Sumatera Barat yang serupa dengan Tari Serampang Dua Belas. Seperti namanya, bahwa Tari Payung ini menggunakan property atau alat pendukung yaitu paying. Seperti tari Serampang Dua Belas bahwa Tari Payung ini mengisahkan sepasang bujang yang sedang mencari jodohnya. 
Related image
3. Tari Legong 
Tari Legong merupakan tari kreasi berpasangan yang berasal dari Bali. Jadi, bukan hanya Tari Kecak dan Pendet saja yang terkenal di Bali, bahwa Tari Legong ini pun juga sangat terkenal di pulau Bali. Namun, Tari Legong ini dimainkan oleh sepasang dari dua perempuan. Jadi bukan pria perempuan, melainkan dua perempuan dalam tarian tersebut.
Image result for tari legong
4. Tari Janger 
Tari Janger merupakan contoh tari kreasi baru berpasangan yang lain, yang mana Tari Janger ini juga berasal dari pulau Bali. Walaupun Tari Janger ini dimainkan oleh 10 orang, namun mereka tetap berpasang-pasangan dalam melakukan gerakan. Maka dari itu, bahwa Tari Jenger ini termasuk contoh tari kreasi berpasangan. 
Image result for tari janger
5. Tari Ketuk Tilu 
Tari Ketuk Tilu berasal dari Jawa Barat yang merupakan tarian yang masih mengangkat nilai-nilai budaya dalam tarian. Kamu akan terpesona melihat Tari Ketuk Tilu ini karena penari-penari wanita yang bergerak secara dinamid dan saling berpadu dengan dengan pasangannya.
Image result for Tari Ketuk Tilu
6. Tari Bambangan Cakil 
Seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya bahwa Tari Cakil ini berasal dari jawa Tengah yang dimainkan oleh dua pria yang mana berperan sebagai Arjuna dan Buto Cakil. Tarian ini menceritakan Arjuna melawan Buto Cakil yang merupakan raksasa. 
Image result for Tari Bambangan Cakil
7. Tari Srikandi Cakil 
Sama halnya dengan tari Bambangan Cakil yang menceritakan kedua orang saling bertarung. Namun, dalam Tari Srikandi Cakil ini diperankan oleh perempuan dan pria yang mana perempuan berperan sebagai Srikandi yang menghajar Cakil.
Image result for Tari Srikandi Cakil
8. Tari Pemburu Kijang 
Tari kreasi berpasangan yang berikutnya adalah Tari Pemburu Kijang yang masih berasal dari daerah Jawa Tengah. Seperti namanya, bahwa Tari Pemburu Kijang menceritakan dua orang pria yang sedang memburu seekor kijang.
Image result for Tari Pemburu Kijang
MUATAN IPA TENTANG MENJAGA KEBERSIHAN DIRI PADA MASA PUBERTAS 
Remaja merupakan salah satu masa yang dilalui oleh manusia semasa hidupnya. Banyak yang bilang bahwa pada masa ini, para remaja akan mulai mencari dan menemukan jati diri, serta mengenal berbagai macam hal. Masa ini juga menjadi salah satu masa dimana manusia mulai memiliki kekuatan dan produktivitas yang tinggi.
Menurut WHO (Badan Kesehatan Dunia), remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa. Masa ini berlansung mulai umur 12 tahun hingga 24 tahun. Akan tetapi, jika dalam menjalani usia ini, mereka telah menikah dan sudah mandiri, maka sudah dapat digolongkan ke dalam masa dewasa atau sudah tidak remaja lagi.
Selama masa-masa pubertas, anak remaja belum banyak tahu akan pentingnya menjaga kebersihan diri. Untuk itu, orangtua harus mengajarkan banyak hal yang sebaiknya dilakukan para remaja dalam kehidupan sehari-hari,diantaranya adalah :
Makan sehat
Anak gadis dan laki-laki yang baru melewati masa puber, perlu konsumsi lebih banyak makanan sehat setiap hari. Hal ini terutama sangat penting bagi si gadis untuk mengikuti program diet lebih ketat, termasuk rajin makan buah dan sayuran.
Kenakan pakaian nyaman
Pada awal masa pubertas, anak laki-laki dan perempuan wajib mengenakan pakaian nyaman, terutama berbahan katun dan menyerap keringat. Ini ditujukan untuk mencegah bau badan karena keringat yang berlebihan, dan tentunya bisa nyaman beraktivitas di manapun ia berada.
Memahami perubahan fisik
Perubahan fisik akan terlihat jelas selama tahap pubertas, dan itu harus dipahami setiap anak. Setiap gadis biasanya akan merasa tidak nyaman selama ia menstruasi dan anak laki-laki juga akan merasakan hal aneh saat ereksi.
Menjaga area organ intim
Kebersihan organ intim sangat penting ketika anak laki-laki dan perempuan ke tahap pubertas. Ajarkan mereka untuk menjaga kelamin agar selalu bersih dan pastikan untuk mencuci daerah intim dengan benar.
Bau badan
Pada tahap pubertas, anak laki-laki dan perempuan akan melihat perubahan dalam tubuhnya. Mereka kadang-kadang bisa memancarkan jenis bau badan tertentu yang tentunya ini tidak nyaman, dan mereka harus bisa menyingkirkan bau badan dengan menjaga kebersihan dan rajin mandi.
Merawat kulit
Selama puber, tak sedikit anak-anak remaja mengalami jerawat noda pada kulitnya. Untuk menghindari hal ini, mereka perlu minum banyak air dan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran.

MUATAN PPKn TENTANG MAKNA SILA KEEMPAT PANCASILA DSN PENERAPANNYA SEHARI-HARI
Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan" adalah bunyi Sila Keempat Pancasila.
Makna dari sila ini adalah sebagai warga negara Indonesia kita mempunyai kedudukan, hak, dan kewajiban yang sama.
Walaupun memiliki hak masing-masing, kita sebaiknya juga harus memerhatikan kepentingan bersama. Karena itu masyarakat Indonesia harus melakukan musyawarah sebelum mengambil keputusan. Hal ini dilakukan untuk menghargai pendapat satu sama lain. Selain itu, bermusyawarah juga membuat kita bisa menemukan jalan keluar yang baik dan adil untuk banyak orang.

Penerapan sila keempat dalam kehidupan sehari-hari yaitu :
1. Saling Menghargai Pendapat
Teman-teman pasti pernah kerja kelompok, kan? Terkadang kita butuh mendiskusikan sesuatu untuk menyelesaikan tugas. Biasanya masing-masing orang akan memberikan pendapat. Saat inilah kita harus saling menghargai pendapat satu sama lain. Baru kemudian kita bisa menentukan bersama jawaban mana yang paling baik untuk tugas yang kita kerjakan.
2. Menerima Kritik 
Hidup di masyarakat membuat kita bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Tidak heran jika kita pernah diberi kritik atau saran oleh orang lain. Nah, saat dikritik kita tidak sebaiknya mendengarkan dan jangan marah. Begitu juga jika diberi saran, alangkah baiknya kalau saran itu didengarkan dan dipertimbangkan sebelum mengambil tindakan.

MUATAN IPS TENTANG KERJA SAMA NEGARA INDONESIA DAN NEGARA-NEGARA DI ASIA TENGGARA DALAM BIDANG PENDIDIKAN, SOSIAL, DAN PANGAN
Kerja sama Indonesia dengan negara ASEAN dalam bidang pendidikan, sosial, dan pangan adalah :
Bidang pendidikan, Indonesia turut serta dalam program pertukaran pelajar antar Negara asean. Bidang pangan, Indonesia mengekspor beberapa komoditas ke Negara asean seperti kakao, kopi, dan sebagainya. Bidang social, Indonesia turut serta aktif dalam dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan yang dapat menyebabkan polusi asap lintas batas di kawasan. Bidang kesehatan , program Indonesia sehat merupakan salah satu contoh bentuk kerjasama Indonesia dengan ASEAN. Bidang pariwisata, dengan banyaknya wisatawan yg datang ke Indonesia atau Negara-negara ASEAN lainnya
 
MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT PIDATO
Kerangka pidato dibuat untuk memudahkan kita menyusun teks pidato. Dalam membuat teks pidato berdasarkan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Menentukan maksud atau tujuan pidato.
2  Mengamati pendengar dan situasi sekitar.
3. Memilih topik pidato yang sesuai.
4. Membuat kerangka pidato.
5. Menguraikan secara mendetail.

0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 8 SUB 2 PB 4-6

Kelas : 2 A Tema        : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan Subtema : 2 Menjaga Keselamatan di Rumah Pembelajaran :  4-...

Menu

BTemplates.com