MATERI AJAR KELAS 6 (TEMA 3 SUBTEMA 2)


BAHASA INDONESIA (Kalimat Efektif dalam Teks eksplanasi)
Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun dengan memperhatikan pedoman umum ejaan  bahasa indonesia. Dalam menuliskan kalima efektif juga perlu diperhatikan penggunaan kata baku.

ILMU PENGETAHUAN ALAM (Rangkaian Listrik paralel)
Rangakaiain listrik terbagi menjadi dua : ada rangkaia terbuka (baterai tidak terhubung dengan lampu), dan rangkaian tertutup (terdapat arus listrik yang terhubung ke lampu, sehingga lampu menyala). Rangkaian tertutup dibedakan menjadi dua yaitu : Rangkaian Seri (dipasang secara berurutan dan tidak bercabang, jika sala satu lampu padam, lamu lainnya akan ikut padam karena arus listrik putus. Contoh pada penyusunan baterai disenter dan lampu jalan) dan Rangkaian parallel (dipasang secara bercabang, jika satu lampu padam maka yang lain tetap menyala, contoh pada lampu lalu lintas)

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Manfaat penemuan bagi kehidupan)
Berikut beberapa penemuan yang berguna bagi kehidupan
1.        Pulpen (seorang penulis  hungaria bernama Laszlo Biro tahun 1938 menemukan pulpen)
2.        Kalkulator (Pascal mencitakan alat bantu hitung yang diberinama Pascaline. Penemuan ini lalu dikembangkan oleh Gottfred Wilhem Von Leibniz dengan menambahkan perkalian. Karena ukuran alat hitung tergolong besar kemudian Baron Gottfried mengubahnya menjadi lebih kecil)
3.        Listrik (tokoh yang paling banyak berjasa di bidang kelistrikan adalah Michael Faraday dan disebut sebagai bapak listrik)

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Memahami Rambu Lalu Lintas)
Sebagai pengguna jalan, kita wajib mematuhi rambu lalu lintas sebagai kewajiban kita sebagai warga Negara. Menurut  UU No. 22 Tahun 2009, rambu lalu lintas adalah bagian perlengkapan jalan yang berupa lambang, huruf, angka, kalimat, dan atau perpaduan yang berfungsi sebagai pengingat, larangan, perintah dan petunjuk bagi pengguna jalan. Berdasarkan jenisnya, rambu lalu lintas dibedakan menjadi 3 :
1.        Rambu peringatan (biasanya berwarna dasar kuring, yang menunjukkan adanya bahaya)
2.        Rambu petunjuk (biasanya berwarna dasar biru atau hijau yang memberikan ketrangan kepada pengguna jalan)
3.        Rambu perintah atau larangan (warna dasar merah, menujukkan larangan bagi pengguna jalan)

SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (Ansambel sejenis dan campuran)
Ansambel adalah permainan music yang dibawakan oleh sekelompok orang secara bersama-sama dengan alat music. Menururut penyajiannya, ansambel dibagi menjadi dua macam yaitu Ansambel sejenis (penyajian music yang dimainkan secara bersama dengan satu jenis alat music ex. Ansambel music pianika, biola) dan Ansambel Campuran (penyajian music yang dimainkan secara bersama dengan menggunakan berbagai macam alat music ex. Gamelan). Dalam ansambel campuran, alat music yang digunaakan alat music ritmis dan melodis. Alat music ritmis adalah alat music yang tidak memiliki tinggi rendah nada/ bunyi. Misalnya kendang, drum. Alat music melodis adalah alat music yang memiliki nada ex. Gitar, piano dll.

ILMU PENGETAHUAN ALAM (Rangkaian listrik dan hantaran listrik)
Rangkaian Seri (dipasang secara berurutan dan tidak bercabang, jika sala satu lampu padam, lamu lainnya akan ikut padam karena arus listrik putus. Contoh pada penyusunan baterai disenter dan lampu jalan) dan Rangkaian parallel (dipasang secara bercabang, jika satu lampu padam maka yang lain tetap menyala, contoh pada lampu lalu lintas)
Arus listrik dialirkan melalui kabel (serat-serat tembaga yang dibungkus dengan pelapis berbahan karet. Pelapis kabel seperti karet merupakan isolator sehingga ketika kita menyentuhnya kita tidak tersengat listrik. Sedangkan tembaga yang merupakan penghantar listrik disebut sebagai konduktor.

BAHASA INDONESIA (Laporan percobaan)
Perhatikan hal-hal yang harus ada dalam laporan percobaan :
(judul laporan, nama orang yang melakukan ercobaan, tujuan percobaan, hipotesis percobaan, alat dan bahan, hasil percobaan, dan kesimpulan
 
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Hak dan kewajiban mematuhi rambu lalu lintas)
Mematuhi rambu lalu lintas adalah salah satu kewajiban kita sebagai warga Negara. Dengan mematuhi rambu maka hak pengguna jalan erpenuhi yaitu mendapat rasa aman dan nyaman. Kita juga wajib menjaga semua fasilitas yang ada dijlalan dengan tidak merusaknya. Dengan adanya listrik pada kehdupan sehari-hari kita juga memiliki kewajiban dalam memanfaatkan listrik seperti membatasi waktu menonton TV, mematika kipas angina tau AC, mencabut stopkontak apabila tidak digunakan. Sikap tanggung jawab juga perlu dilakukan yaitu membayar biaya listrik bulanan.

SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (pola irama rata dan tidak rata)
Pola Irama rata adalah irama dengan susunan panjang pendek bunyi yang terbagi rata atau terbagi sama dalam setiap ketukan. Pola irama tidak rata adalah bentuk pola irama yang disusun panjang pendek bunyinya tidak rata atas ketukannya.

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (manfaat musik bagi kehidupan)
Manfaat music untuk anak-anak  :
1.     Music sebagai hiburan (mendengarkan music sebagai alat bantu belajar)
2.     Music memberikan kesenangan bagi anak
3.     Music dapat membangun kepercayaan diri pada anak
4.     Music dapat meningkatkan daya ingat

0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 8 SUB 2 PB 4-6

Kelas : 2 A Tema        : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan Subtema : 2 Menjaga Keselamatan di Rumah Pembelajaran :  4-...

Menu

BTemplates.com