MATERI AJAR KELAS 6 (TEMA 3 SUBTEMA 1)


ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Peran listrik dalam kehidupan)
Salah satu tokoh dunia yang berperan penting dalam penemuan energy listrik adalah Nicola Tesla yang menemukan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pada tahun 1895. Roda sydah ada sejak zaman romawi kuno. Roda bermanfaat pada bidang transportasi untuk memudahkan perpindahan kendaraan. Tokoh yang menemukan roda yang terbuat dari karet (Ban) adalah Charles Goodyear. Ban tersebut kemudian dimodifikasi oelh Dunlop menjadi ban yang memiliki rongga udara. Ban inilah yang  hingga saat ini dipakai dikendaraan. 

ILMU PENGETAHUAN ALAM (Energi listrik dan proses penyalurannya)
Energy listrik adalah energy yang timbul karena adanya arus listrik yang mengalir melalui hantaran. Sumber energy listrik adalah pembangkit listrik. Sumber energy listrik juga dapat berasal dari baterai dan aki. Berikut manfaat energy listrik dalam kehidupan sehari-hari.
1.     Sebagai sumber energy listrik (lampu memberikan penerangan, televise sebagai sarana hiburan, setrika untuk merapikan pakaian, dan computer untuk menyimpan data)
2.     Sebagai bahan bakar kendaraan listrik , seperti kereta api listrik.

Proses penyaluran dan distribusi listrik meliputi tahap-tahap berikut :
1.     Pada pembangkit listrik terjadi erubahan energi gerak menjadi energi listrik. Komponen utama pembangkit listrik adalah turbin dan generator. Turbin sebagai penggerak dan generator yang membangkitkan listrik.
2.     Melalui saluran penghantar, energi listrik disalurkan ke transformator penarik tegangan. Energi listrik dinaikkan tegangannya hingga 500 KV.
3.     Listrik dialirkan ke gardu induk melalui SUTET (sauran udara tegangan ekstra tinggi).
4.     Dari SUTET listrik dialirkan ke gardu-gardu penurun tegangan seperti gardu distribusi. Yang kemudian dialirka kerumah-rumah
5.     Aliran listril sampai kerumah-rumah yang tersambung kabel dari gardu.

BAHASA INDONESA (Teks eksplanasi)
Teks explanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, dan budaya. Ciri-ciri teks explanasi adalah sebagai berikut :
1.     Struktur teks explanasi
ü Pernyataan umum (gambaran awal tentang suatu hal yang disampaikan secara umum)
ü Deretan penjelasan/ explanasi (inti penjelasa)
ü Interpretasi (simpulan penulis)
2.     Memuat informasi yang dapat dibuktikan kebenarannya.


BAHASA INDONESIA (persamaan dan perbedaan cerita fiksi sejarah dan teks sejarah)
Teks eksplanasi dapat dibuat menjadi cerita fiksi sejarah atau teks sejarah. Keduanya memiliki persamaan dan perbedaan

Teks Sejarah
Cerita  Fiksi sejarah
Perbedaan
Memaparkan sejarah apa adanya tanpa ada penambahan apapun
Cerita sejarah ditambah dengan beberapa cerita lain, namun tidak mengubah isi sejarah sebenarnya
Persamaan
1.        Dapat diubah menjadi teks eksplanasi
2.        Terdapat unsur-unsur cerita
3.        Menceritakan kisah hidup yang sesungguhnya

SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (mengenal simbol-simbol dalam partitur lagu)
Dalam partitur sebuah lagu, terdapat symbol-simbol yang memiliki arti tertentu. Simbol ini berfungsi untuk memberikan petunjuk dalam memainkan nada yang benar.
1.        Symbol Not (symbol dalam music untuk suara tertentu)
2.        Tanda diam/ istirahat (digunakan untuk member waktu jeda)
3.        Kunci nada (symbol yang ditulis di depan paranada yang berfungsi untuk menunjukkan letak nada dasar sebuah lagu)
4.        Garis pranada (garis yang terdiri dari lima baris dan empat spasi yang berfungsi untuk menuliskan dan meletakkan nada-nada.
5.        Tanda birama (tanda untuk menunjukkan jumah ketukan dalam satu ruas birama.

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (meneladani penemu dalam menjalankan kewajiban)
Thomas Alva Edison adaah seorang penemu besar dunia berasal dari amerika serikat yang menemukan bola lampu. Dia mendapatkan haknya untuk belajar disekolah dan mendapat pengajaran dari ibunya karena ia dikeluarkan dari sekolah. Selain menerima haknya ia juga melaksanakan kewajibannya untuk membantu orang tuanya. Ia membantu mencari uang dengan menjual Koran, buah-buahan dan permen dikereta api. Sebagai seorang penemu ia sangat gigih dan pantang menyerah. Ribuan kali ia gagal tapi ia terus berusaha. Hingga akhirnya ia berhasil menemukan bola lampu

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (penemuan ban untuk kehidupan)
Roda sudah ada sejak zaman romawi kuno. Roda bermanfaat pada bidang transportasi untuk memudahkan perpindahan kendaraan. Tokoh yang menemukan roda yang terbuat dari karet (Ban) adalah Charles Goodyear. Ban tersebut kemudian dimodifikasi oelh Dunlop menjadi ban yang memiliki rongga udara. Ban inilah yang  hingga saat ini dipakai dikendaraan. 
Penemuan listrik bermanfaat untuk kehidupan manusia pada berbagai bidang :
1.     Bidang sosial (menjadi sumber energy untuk peralatan elektronik, menjadi sumber energy untuk menyalakan lampu)
2.     Bidang ekonomi (sebagai sumber energy meesin produksi, sebagai sumber penghasilan untuk perusahaan listrik)
3.     Bidang pendidikan (sebagai sumber energy untuk alat bantu pembelajaran, sumber penerangan ketika belajar dimalam hari)
4.     Bidang budaya (sebagai sumber energy peralatan music ketika pentas seni)

ILMU PENGETAHUAN ALAM (pembangkit listrik tenaga air)
Berdasarkan sumber tenaga penggeraknya pembangkit listrik dibedakan menjadi (pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD), pembangkit listrik tenaga gas (PLTG), pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB). Berikut tahapan kerja PLTA :
1.     Aliran air sungai sebagai pembangkit listrik mampu menggerakkan turbin. Perubahan ini energy potensial menjadi energy kinetic
2.     Gerakan kincir air pada turbin menggerakkan dynamo/generator yang kemudian membangkitkan listrik
3.     Terjadi perubahan energy gerak menjadi energy listrik yang kemudian disalurkan ke rumah-rumah.

Contoh PLTA  di diindonesia adalah PLTA jatuluhur, PLTA singkarak, PLTA sumatera barat, dan PLTA musi di Bengkulu.
 
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (pola irama)
Pola irama adalah bentuk susunan, panjang pendek bunyi dan diam dalam suatu music atau lagu. Pola irama terbentuk dari berbagai macam bunyi. Setiap birama menunjukkan jumlah ketukan pada setiap susunan bunyi dan diam yang dibuat.

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (disiplin untuk mencapai ketertiban)
Bekerja keras dan disiplin sangat dibutuhkan untuk menjadi orang yang sukses. Disiplin merupakan sikap yang menunjukkan kepatuhan terhadap peraturan. Tujuannya adalah untuk tercipta ketertiban dan kenyamanan. Cara yang dilakukan dengan melaksanakan peraturan atau kewjiban denga senang hati dan penuh kesabaran. Manfaat disiplin adalah menumbuhkan kepedulian, kepekaan, dan keteraturan. Contoh sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari
a.     Sikap disiplin di rumah (tidur tepat waktu, merapikan tempat tidur, makan dengan teratur, mengerjakan PR, menjaga kebersihan, dan membantu orang tua)
b.     Sikap disiplin di sekolah (datang tepat waktu, melaksanakan piket, membuang sampah pada tempatnya, duduk dengan rapi, meminta izin ketika akan keluar kelas, dan menghormati guru)

BAHASA INDONESIA (teks fiksi tentang sejarah)
Teks fiksi adalah sebuah teks yang berisi cerita. Cerita dalam teks fiksi dapat berupa cerita tentang peristiwa sejarah. Selain teks fiksi sejarah indonesia, kita juga dapat menuliskan teks fiksi tentang pengalaman.

0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 8 SUB 2 PB 4-6

Kelas : 2 A Tema        : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan Subtema : 2 Menjaga Keselamatan di Rumah Pembelajaran :  4-...

Menu

BTemplates.com