MATERI AJAR TEMA 1 SUB 3 PB 1-2

Kelas : 2

Tema  : 1 Hidup Rukun

Subtema :  3 Hidup Rukun di Sekolah

Pembelajaran : 1

KD                          : B.I (3.1) SBdP (3.1) Matematika (3.3)

Selamat pagi sholih sholiha kelas 2A, bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat dan semangat ya😊 

Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah.

Alhamdulillah hari ini kita sudah memasuki Subtema yang ketiga yakni Hidup Rukun di Sekolah pembelajaran 1, berikut materi selengkapnya.

Tujuan Pembelajaran : 

1. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, peserta didik dapat menyebutkan isi teks yang berisi perintah yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.

2. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, peserta didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri, alat bahan  karya gambar imajinatif dengan tepat serta mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.

3. Dengan diberikan benda konkret, peserta didik dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan pendek dengan benar.

Video Pembelajaran 1 :

Ringkasan Materi :

Muatan B.Indonesia (3.1)

Menyebutkan Kalimat Perintah dalam Teks Percakapan

Kalimat perintah isinya menyuruh untuk melakukan sesuatu.

Ciri-ciri kalimat perintah :

  1. Menggunakan akhiran "lah"/"kan"
  2. akhir kalimat menggunakan tanda seru (!)
Kalimat perintah harus diucapkan dengan sopan.


Kalimat perintah yang ada dalam percakapan antara Ibu dan Udin :
  • Bagilah bekalmu dengan teman-teman, ya Din!
  • Bawalah tempat bekalmu kembali, ya!
Ibu menyuruh Udin untuk berbagi dengan teman di sekolah dan membawa kembali tempat bekalnya, kalimat tersebut juga diakhiri tanda seru (!) dan memakai akhiran "lah" yaitu kata "bagilah" dan "bawalah".

Contoh Kalimat Perintah Lainnya : 

1.     Tolong matikan kran air itu!

2.     Jangan membuat ribut, anak-anak!

3.     Buang sampah itu!

4.     Masukkan barang-barang ini ke dalam bagasi mobil!

Muatan SBdP (3.1)

Menggambar Imajinatif 
  • Gambar dibuat dengan coretan alat tulis pada media gambar.
  • Media gambar dapat berupa kertas, daun, kain, atau papan.
  • Gambar dapat diwarnai dengan pensil warna, krayon, atau spidol warna.
  • Menggambar dapat dilakukan dengan mengamati objek secara langsung atau membayangkannya.
  • Menggambar dengan cara membayangkan atau mengkhayal disebut menggambar imajinatif.
Gambar dapat diwarnai dengan pensil warna, krayon, atau spidol warna :


Perbedaan hasil mewarnai dengan krayon, pensil warna dan spidol warna :

  • Krayon : Warna yang dihasilkan tebal, kertas mudah kotor, sulit dihapus, warna yang dihasilkan bagus, teksturnya kasar.

  • Pensil warna : Warna yang dihasilkan halus, kertas tidak mudah kotor, mudah dihapus, tekstur halus, saat mewarnai disa terlihat putih-putih karena tidak tebal.

  • Spidol warna : Warna yang dihasilkan tebal, kertas tidak mudah kotor, warna pada kertas bisa tembus, tekstur halus terkadang kasar. 

Muatan Matematika (3.3)
Menghitung Penjumlahan Bilangan Ratusan 





TUGAS :


0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 8 SUB 2 PB 4-6

Kelas : 2 A Tema        : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan Subtema : 2 Menjaga Keselamatan di Rumah Pembelajaran :  4-...

Menu

BTemplates.com