Kelas : 2
Tema : 1 Hidup Rukun
Subtema : 3 Hidup Rukun di Sekolah
Pembelajaran : 2&3
KD : PPKn (3.1) B.I (3.1) SBdP (3.1) Matematika (3.3)
Tabik pun sholih sholiha kelas 2A, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan semangat ya😊
Sebelum belajar, mari kita menyimak tausiyah, melaksanakan sholat dhuha dan muroja'ah.
Video Pembelajaran :
RINGKASAN MATERI
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan diberikan gambar tentang hidup rukun di sekolah, peserta didik dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila di sekolah dengan benar.
2. Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun, peserta didik dapat menyebutkan kembali perintah dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
3. Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun, peserta didik dapat menemukan makna perintah yang terdapat dalam teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun.
4. Dengan diberikan kumpulan benda konkret, peserta didik dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan pendek dengan tepat.
5. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, peserta didik dapat mengidentifkasi langkah-langkah menggambar imajinatif dengan tepat.
MUATAN PPKn (KD 3. 1 dan 4. 1)
Pengamalan Sila Pancasila di Sekolah
Contoh pengamalan sila pertama Pancasila di sekolah :
Mempersilakan teman yang akan beribadah.
Berdoa bersama sebelum belajar di kelas.
Contoh pengamalan sila kedua Pancasila di sekolah :
Menggunakan bahasa yang santun saat berbicara dengan guru.
Menolong teman yang mengalami kesulitan.
MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3. 1 dan 4. 1)
Kalimat Perintah dalam Teks Cerita
Bacalah teks di bawah ini!
Berolahraga Bersama
Hari ini Udin dan teman-teman berolahraga.
Pak Guru meminta siswa untuk berlari berpasangan.
Udin berpasangan dengan Edo.
Tiba-tiba mereka terjatuh karena gerakan kakinya tidak kompak.
Kaki Edo terluka dan berdarah.
Udin membantu Edo berdiri.
Pak Guru mengantarkan Edo ke UKS.
Pak Guru pun mengingatkan siswa lainnya.
Berhati-hatilah ketika berlari!
Samakan langkah kalian terlebih dahulu!
Kalimat perintah yang ada dalam teks cerita di atas yaitu :
Berhati-hatilah ketika berlari!
Samakan langkah kalian terlebih dahulu!
Makna Kalimat Perintah dalam Percakapan
Bacalah percakapan di bawah ini!
Udin : Teman-teman, bersihkanlah kelas sesuai pembagian tugas!
Siti : Siap, Din. Aku akan menyapu.
Edo : Aku akan menghapus papan tulis sampai bersih.
Beni : Aku akan membereskan lemari buku.
Udin : Terima kasih teman-teman. Ayo, kita bersihkan kelas sebaik-baiknya!
Pada percakapan di atas terdapat kalimat perintah yaitu “teman-teman, bersihkanlah kelas sesuai pembagian tugas!”.
Maksud kalimat perintah : Udin meminta teman-temannya untuk membersihkan kelas sesuai dengan tugas yang telah dibagi.
MUATAN MATEMATIKA (KD 3. 3 Dan 4. 3)
Menghitung Pengurangan Bilangan Ratusan
MUATAN SBdP (KD 3. 1 Dan 4. 1)
Membuat Sketsa Gambar
Sebelum menggambar, kita harus membuat sketsa. Sketsa adalah rancangan gambar berupa garis. Sketsa dapat digambar dengan menggabungkan berbagai garis. Sketsa dibuat pada kertas gambar menggunakan pensil.
Contoh gambar sketsa :
Gambar sketsa lalu diselesaikan menjadi gambar yang lengkap. Sketsa gambar dapat diwarnai atau dihias.
0 Comments:
Posting Komentar