Penjumlahan Dalam Soal Cerita

Hari/Tanggal        : Rabu, 4 Agustus 2021

Tema                    : 1 ( Hidup Rukun )

Subtema               : 3 ( Hidup Rukun di Sekolah )

Pembelajaran        : 4

Alat Peraga           : Gambar

Kompetensi Dasar :  Bahasa Indonesia : 3.1,  MTK  3.3, SBdP : 3.1 

Tujuan Pembelajaran : 

1. Dengan diberikan teks pendek, peserta didik dapat menuliskan kalimat perintah yang diucapkan oleh pemimpin upacara.

2. Dengan diberikan soal cerita, peserta didik dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan penjumlahan dengan benar.

3. Dengan diberikan contoh gambar imajinatif, peserta didik dapat mengidentifkasi langkah-langkah mewarnai menggambar imajinatif dengan tepat.



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪

Kelas Udin mendapat giliran menjadi petugas upacara.

Para siswa bermusyawarah menentukan petugas upacara.

Bermusyawarah merupakan cara untuk menjaga kerukunan.

Bacalah teks percakapan di bawah ini!

Sebutkan kalimat perintah dalam percakapan di atas!

Kalimat Perintah : Acungkan tangan bagi yang ingin  menjadi petugas upacara!


Ayo Berlatih

Upacara diikuti siswa dan guru. Ada 239 siswa dan 15 guru. Berapa peserta upacara seluruhnya?

Peserta upacara seluruhnya dapat ditentukan dengan melakukan penjumlahan.

Cara Panjang : 

239 = 200 + 30 + 9

   15 =  0 + 10 +  5             +

         =  200 + 40  +14

         =  200  + 40  + 10 + 4

         =  200 + 50 + 4

         =  254 

Cara Pendek : 

      1  👈  Teknik menyimpan 

    239

     15     +

   254

Jadi, jumlah peserta upacara seluruhnya adalah 254 siswa


Ayo Berkreasii

Warnailah gambar yang sudah kamu buat pada pelajaran sebelumnya. 

Kamu juga dapat melengkapi gambarmu dengan gambar lain yang sesuai.

Contoh gambar:  


Tugasmu!

Tentukan hasil penjumlahan dengan cara panjang!

1. 267 =  .... + .... + ...

    129 =  .... + .... + ...        +

          =  .... + .... + ...

          =  .... + .... + ... + ...

          =  .... + .... + ...

          =  .... 

Tentukan hasil pengurangan dengan cara pendek! 

2.     425

        284        -

        ...... 

Kerjakan soal cerita berikut boleh menggunakan cara panjang atau cara pendek!

3. Di perpustakaan sekolah terdapat 145 buku pelajaran dan 127 buku cerita anak. Berapa jumlah buku seluruhnya?


Kerjakan di buku latihan tematik, tulis menggunakan tulisan tegak bersambung dan jika sudah selesai dapat diberi garis tutup 🙏

Selamat mengerjakan dan Semoga berhasil 💪


Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi  hasil tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih 🙏

0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 7 SUB 2 PB 2-3

Kelas : 2 A Tema        : 7 Kebersamaan Subtema :  2 Kebersamaan di Sekolah Pembelajaran :  2&3 KD                        ...

Menu

BTemplates.com