Hari/Tanggal : Jumat, 20 Agustus 2021
Tema : 2 ( Bermain di Lingkunganku )
Subtema : 1 ( Bermain di Lingkungan Rumah )
Pembelajaran : 2 dan 3
Alat Peraga : Gambar dan Video
Kompetensi Dasar : SBdP : 3.2, B.Indonesia : 3.2 dan MTK 3.4
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪
Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪
MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3. 2 dan 4. 2)
Kosakata tentang Benda
Banyak benda yang digunakan untuk bermain. Ciri-ciri benda tersebut bermacam-macam. Ada yang berbeda bentuk, bahan, warna, permukaan, dan kegunaannya.
Perhatikan contoh berikut!
Kelereng berbentuk bola kecil yang terbuat dari kaca. Warnanya bening berwarna-warni. Permukaannya halus dan licin. Digunakan untuk bermain dengan cara dijentik jari.
Simpai berbentuk lingkaran, terbuat dari rotan atau plastik. Simpai rotan berwarna coklat muda. Simpai plastik berwarna-warni. Simpai digunakan dengan cara diputar dipinggang.
Setiap benda mempunyai ciri masing-masing. Ciri-ciri benda dapat dibedakan berdasarkan warna, ukuran, bentuk, wujud, permukaan, dan rasanya. Permukaan benda ada yang halus dan kasar. Kasar artinyakesat tidak halus. Halus artinya licin dan lembut. Permukaan benda halus, misalnya buah apel. Permukaan benda kasar, misalnya buah durian.
MUATAN PPKn (KD 3.2 dan 4. 2)
Aturan di Rumah
Kita memiliki aturan di rumah. Aturan dibuat sebagai petunjuk kita dalam bertingkah laku. Jika kita mematuhi aturan, semua kegiatan di rumah akan berjalan baik dan menyenangkan. Aturan yang ada di rumah telah disepakati oleh semua anggota keluarga. Setiap hari, banyak kegiatan yang kamu lakukan di rumah. Aturan dibuat agar kehidupan di rumah dapat berjalan damai.
Contoh aturan di rumah :
Bermain setelah belajar.
Ikut membantu Ibu merapikan tempat tidur.
Menonton televisi di luar jam belajar.
Menggunakan telepon genggam sesuai keperluan.
Berdoa sebelum makan.
Kita harus tetap mematuhi aturan saat bermain. Salah satunya tidak boleh lupa waktu. Lupa waktu membuat kegiatan lain terganggu. Misalnya, kita jadi terlambat pulang ke rumah.
MUATAN SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2)
Tekanan Kuat dan Lemah Nada pada Lagu Anak
Ada irama yang diatur dengan memperhatikan panjang pendeknya bunyi. Ada juga irama yang diatur dengan memperhatikan kuat lemahnya bunyi. Hitungan pertama pada satu birama selalu lebih kuat daripada hitungan berikutnya.
Panjang atau pendek nada dihitung dengan ketukan. Kuat atau lemah nada ditentukan dengan tekanan suara. Syair dengan tekanan kuat dinyanyikan keras. Syair dengan tekanan lemah dinyanyikan lembut.
Berikut Contoh menyanyikan lagu Berdayung dari Ibu Guru Rombel Kelas 2 👇
MUATAN MATEMATIKA 9 (KD 3. 4 dan 4.4)
Sifat Pertukaran pada Perkalian
Perhatikan contoh berikut :
Hasil Perkalian Suatu Bilangan
Perkalian adalah hasil penjumlahan secara berulang.
Perhatikan contoh berikut!
Hitunglah hasil dari 3 x 6!
Pengumpulan Tugas:
1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup.
2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D
3. Mengirimkan dokumentasi Video Bernyanyi ke WhatsApp IBU MELIN
4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )
0 Comments:
Posting Komentar