Melakukan Percobaan Sifat-Sifat Benda

Hari/Tanggal        : Senin, 23 Agustus 2021

Tema                    : 2 ( Bermain di Lingkunganku )

Subtema               : 1 ( Bermain di Lingkungan Rumah )

Pembelajaran        : 4

Alat Peraga           : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar : SBdP : 3.2, B.Indonesia : 3.2 dan MTK  3.4

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.

2. Peserta didik dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan benar.

3. Peserta didik dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪

Untuk penjelasan materi pembelajaran hari ini dapat melihat di link dibawah ini 👇

https://www.youtube.com/watch?v=l27pcYiNR5s


Ayo Membaca
Bacalah teks percakapan berikut!



Jawablah pertanyaan berikut                 
berdasarkan teks percakapan di atas!

1. Bagaimana bentuk air jika dimasukkan ke dalam gelas?
Jawab : Bentuknya seperti gelas.
2. Bagaimana bentuk air jika dipindahkan ke dalam botol?
Jawab : Bentuknya seperti botol
3. Bagaimana pula bentuk air jika dipindahkan ke dalam mangkuk?
Jawab : Bentuknya seperti mangkuk pula. 
4. Apa saja benda yang sifatnya sama dengan air?
Jawab : Yaitu, Minyak, Kecap, Sirup dan masih banyak lagi. 


Tugasmu! 

Anak-anak diminta untuk melakukan percobaan atau Eksperimen Sifat-sifat Benda pada video pembelajaran di atas. 

 Adapun Alat dan Bahan yang Diperlukan

 1. Kelereng

 2. Air

 3. Pensil

 4. Sirup

 5. Minyak

 6. Gelas

 7. Botol air mineral

Cara Kerja

 1. Masukkan kelereng ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

 2. Masukkan kelereng tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

 3. Masukkan air ke dalam botol air mineral.  Perhatikan bentuknya!

 4. Pindahkan air tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

 5. Masukkan pensil ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

 6. Pindahkan pensil tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

 7. Masukkan sirup ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

  8. Pindahkan sirup tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

  9. Masukkan minyak ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!

 10. Pindahkan minyak tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

Silahkan ikuti langkah-langkah di atas. 
Setiap hasil eksperiment agar di foto dan dikirimkan dalam bentuk kolase/ gabungan dari beberapa foto. 


Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Foto Kolase ke WhatsApp IBU MELIN

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )


0 Comments:

Posting Komentar

PENILAIAN HARIAN TEMA 7

Kelas : 2 A Pembelajaran :  Penilaian Harian Tema 7 Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat...

Menu

BTemplates.com