Hari/Tanggal : Jumat, 13 Agustus 2021
Tema : 1 ( Hidup Rukun )
Subtema : 4 ( Hidup Rukun di Masyarakat )
Pembelajaran : 5 dan 6
Alat Peraga : Gambar
Kompetensi Dasar : Bahasa Indonesia : 3.1, PPkN : 3.1 dan MTK 3.3
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di masayarakat, peserta didik dapat menyebutkan menggunakan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
2. Dengan diberikan teks cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
3. Dengan diberikan soal cerita, peserta didik dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan dengan benar.
Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪
Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪
Perhatikan percakapan berikut ini!
Ayo Membaca
Bacalah pengalaman Udin di bawah ini!
Olahraga Bersama
Warga di sekitar rumahku akan berolahraga bersama. Kegiatan tersebut dilakukan di lapangan. Di perjalanan menuju lapangan, aku bertemu Made. Aku mengajak Made untuk ikut berolahraga. Namun, Made tidak bisa ikut. Made akan mengunjungi pamannya.
Tiba di lapangan, sudah banyak anak yang berkumpul. Mereka sedang melakukan pemanasan. Kami berolahraga dengan kompak. Kami senang berolahraga bersama.
Made menolak ajakan Udin dengan sopan. Sikap Made dan Udin menunjukkan kerukunan dan persatuan.
Menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat, sesuai dengan pengamalan sila ketiga Pancasila.
Tuliskan contoh pengamalan sila ketiga di masyarakat!
a. Berteman dengan teman dari berbagai suku
b. Bekerjasama menjaga keamanan lingkungan sekitar.. dan masih banyak lagi
Ayo Mengamati
Simaklah dongeng di bawah ini dengan cermat!
Kisah Jeje si Jerapah
Di padang rumput yang luas hiduplah sekelompok jerapah. Ada jerapah bernama Jeje dan Jojo.
Jeje bersifat sombong karena merasa tubuhnya paling tinggi. Jojo bersifat baik hati, tubuhnya tidak terlalu tinggi.
Pada suatu hari kakek jerapah meminta tolong pada Jeje dan Jojo. Kakek jerapah minta tolong diambilkan daun segar.
Namun, Jeje menolak, “ Tidak mau, Kek. Saya sedang repot.” Jojo dengan sekuat tenaga mengambil daun segar untuk kakek jerapah.
Suatu hari, Jeje mendapat kesulitan. Jeje jatuh, kakinya terjepit bebatuan. Teman-teman hewan lain tidak tega melihat Jeje kesulitan. Mereka menolong Jeje.
Akhirnya, Jeje sadar bahwa saling menolong antar teman itu penting.
Pada teks di atas terdapat kisah dua jerapah bernama jeje dan jojo. Siapakah jerpah yang memiliki sifat sombong ??
untuk menjawab pertanyaan dapat menjawab di kolom komentar postingan hari ini ya nak 👇
Dalam dongeng terdapat sikap gotong royong. Selain itu, terdapat sikap adil dalam menolong orang lain.
Sikap tersebut sesuai dengan pengamalan sila keempat dan kelima Pancasila!
Pengumpulan Tugas:
1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup.
2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D
3. Mengirimkan dokumentasi hasil tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN
4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 12.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )
Selamat Mengerjakan semoga berhasil
0 Comments:
Posting Komentar