TEMA 4 : GLOBALISASI
SUB TEMA 1 : GLOBALISASI DI
SEKITARKU
HARI / TGL :
SELASA, 24 SEPTEMBER 2019
KELAS :
6 E
PEMBELAJARAN :
1 (SATU)
ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(Kerjasama negara
anggota ASEAN dalam bidang sosial)
Globalisai adalah proses
masuknya ke ruang lingku dunia. Penyebab adanya globalisasi antara lain
perkembangan teknologi dan alat komunikasi, serta kemajuan alat transportasi.
Negara-negara dikawasan ASEAN melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama
seperti meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya serta menjaga
perdamaian dan keamanan di kawasan asia tenggara. Kerja sama negara kawasan
ASEAN disebabkan oleh beberapa faktor :
1. Persamaan dan Perbedaan
Sumber Daya Alam
Persamaan dan perbedaan sumber daya alam menimbulkan interaksi yang saling membutuhkan antara dua negara atau lebih yang mempercepat terjalinnya kerjasama antarnegara untuk mengisi kekosongan yang ada pada setiap negara. Misalnya, beberapa tahun belakangan ini, Indonesia mengimpor beras dari Thailand sebagai penghasil beras utama di ASEAN, sedangkan Thailand mengimpor komoditas kayu dari Indonesia sebagai negara produsen kayu terbesar di ASEAN. Dari segi persamaan SDA misalnya, Indonesia dengan negara-negara penghasil minyak bumi mebentuk organisasi bersama bidang pengelolaan minyak bumi secara terpadu.
Persamaan dan perbedaan sumber daya alam menimbulkan interaksi yang saling membutuhkan antara dua negara atau lebih yang mempercepat terjalinnya kerjasama antarnegara untuk mengisi kekosongan yang ada pada setiap negara. Misalnya, beberapa tahun belakangan ini, Indonesia mengimpor beras dari Thailand sebagai penghasil beras utama di ASEAN, sedangkan Thailand mengimpor komoditas kayu dari Indonesia sebagai negara produsen kayu terbesar di ASEAN. Dari segi persamaan SDA misalnya, Indonesia dengan negara-negara penghasil minyak bumi mebentuk organisasi bersama bidang pengelolaan minyak bumi secara terpadu.
2. Persamaan dan Perbedaan
Wilayah
Walaupun negara-negara ASEAN memiliki letak geografis yang sama seperti yang pernah kita singgun pada artikel sebelumnya, namun tentu saja kondisi wilayah setiap negara-negara itu berbeda-beda. Perbedaan dan persamaan ini tentu saja mendorong negara-negara tersebut menjalin kerja sama untuk menjaga stabilitas dan keamanan kawasan di Asia Tenggara.
Walaupun negara-negara ASEAN memiliki letak geografis yang sama seperti yang pernah kita singgun pada artikel sebelumnya, namun tentu saja kondisi wilayah setiap negara-negara itu berbeda-beda. Perbedaan dan persamaan ini tentu saja mendorong negara-negara tersebut menjalin kerja sama untuk menjaga stabilitas dan keamanan kawasan di Asia Tenggara.
3. Perbedaan Perkembangan
Teknologi
Kerja sama dalam pengembangan teknologi harus terus dilanjutkan dan ditingkatkan antara negara-negara yang sudah maju teknologinya dengan negara-negara yang masih terbelakang dan berkembang atau antarnegara yang sama tingkat teknologinya. Kerja sama teknologi dapat dilakukan dengan transfer teknologi (TOT) terhadap peralatan teknologi yang dibeli oleh suatu negara. Misalnya Indonesia membeli kapal selam dari Korea Selatan dengan perjanjian negara tersebut mau mengajarkan atau mentranfer teknologi pembuatan kapal selam kepada Indonesia.
Kerja sama dalam pengembangan teknologi harus terus dilanjutkan dan ditingkatkan antara negara-negara yang sudah maju teknologinya dengan negara-negara yang masih terbelakang dan berkembang atau antarnegara yang sama tingkat teknologinya. Kerja sama teknologi dapat dilakukan dengan transfer teknologi (TOT) terhadap peralatan teknologi yang dibeli oleh suatu negara. Misalnya Indonesia membeli kapal selam dari Korea Selatan dengan perjanjian negara tersebut mau mengajarkan atau mentranfer teknologi pembuatan kapal selam kepada Indonesia.
4. Perbedaan dan Persamaan
Budaya
Budaya merupakan salah satu ciri khas suatu negara. Corak hidup sehari-hari penduduk suatu negara identik dengan corak budayanya. Budaya yang unik dapat menjadi potensi yang sangat berharga untuk mendorong kunjungan wisatawan. Budaya dapat menjadi objek wisata yang sangat menarik bagi wisatawan asing.
Budaya merupakan salah satu ciri khas suatu negara. Corak hidup sehari-hari penduduk suatu negara identik dengan corak budayanya. Budaya yang unik dapat menjadi potensi yang sangat berharga untuk mendorong kunjungan wisatawan. Budaya dapat menjadi objek wisata yang sangat menarik bagi wisatawan asing.
Bentuk kerjasama
negara-negara kawasa ASEAN dalam bidang sosial :
1.
Penanggulanagan bencana alam, seperti memberikan bantuan
darurat ketika ada bencana alam’
2.
Meningkatkan kesejahteraan sosial dan pembangunan negara
kawasan ASEAN
3.
Meningkatkan kualitas sarana kesehatan.
BAHASA INDONESIA (Pengertian teks eksplanasi)
Teks explanasi
adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan
fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, dan budaya. Ciri-ciri teks explanasi
adalah sebagai berikut :
1.
Struktur teks explanasi
ü Pernyataan
umum (gambaran awal tentang suatu hal yang disampaikan secara umum)
ü Deretan
penjelasan/ explanasi (inti penjelasa)
ü Interpretasi
(simpulan penulis)
2.
Memuat informasi yang dapat dibuktikan
kebenarannya.
Topik
permasalahan dapat ditemukan pada kalimay utama dalam setiap paragraf dan kita dapat membuat kesimpulan dari sebuah
teks eksplanasi.
ILMU PENGETAHUAN ALAM (Proses menghasilakan energi listrik)
Proses Menghasilkan Energi Listrik Sumber utama enegri listrik adalah pembangkit
listrik Sehingga untuk memenuhi
kebutuhan listrik maka harus Mendirikan pembangkit listrik. Salah satu contoh
pembangkit listrik adalah PLTA. Pembangkit ini memanfaatkan energi air yang
mengalir
Untuk membangkitkan listrik
TEMA 4 : GLOBALISASI
SUB TEMA 1 : GLOBALISASI DI SEKITARKU
HARI / TGL :
SELASA, 24 SETEMBER 2019
KELAS :
6 E
PEMBELAJARAN :
2 (DUA)
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (Pengertian reklame
dan ciri-ciri reklame)
Reklame adalah salah satu
bentuk ajakan atau Perintah kepada orang
lain. Tujuan reklame adalah
Menawarkan dan mengajak
pembaca agar mengikuti
anjuran atau membeli
produk yang ditawarkan dan
Meyakinkan bahwa barang
yang ditawarkan berkualitas
Baik. Berdasarkann tujuan pengadaannnya, reklame dibedakan menjadi dua jenis
yaitu reklame komersial dan nonkomersial.
1. Reklame komersial (Reklame yang sifatnya menawarkan barang atau produk dan
biasanya digunakan oleh para pedagang)
2. Reklame non komersial (Reklame yang sifatnya mengajak orang lain, untuk
membuat sesuatu atau memberi anjuran yang baik)
Macam-Macam
Reklame Berdasarkan Jenisnya
1. Reklame audio (suara)
2. Reklame visual (gambar)
3. Reklame audio visual (gambar bersuara)
Ciri-ciri reklame
1. Berisi informasi, membujuk, atau mengajak masyarakat
2. Menggunakan kata-kata yang menarik
3. Terdapat slogan di dalamnya (slogan adalah kalimat pendek yang menarik dan
mudah diingat)
4. Terdapat gambar atau ilustrasi
5. Tata letak antara tulisan dan gambar terliat rapi
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Sikap terhadap
keberagaman kegiatan ekonomi)
Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda-beda hal ini menybabkan
beragamnya kegitan ekonomi di masyarakat (Produksi, Distribusi, dan Konsumsi)
Sikap Dalam
Keberagaman Ekonomi
1. Saling menghormati dan menghargai
2. Membayar bayar sesuai dengan harga
3. Tidak membedakan teman karena kegiatan ekonomi orang tuanya
4. Tidak sombong
5. Memuji hasil karya orang lain yang dijual
Melakukan persaingan yang sehat dalam melakukan
kegiatan ekonomi
0 Comments:
Posting Komentar