Menghitung Hasil Bagi Dua Bilangan

Hari/Tanggal        : Rabu, 1 September 2021

Tema                    : 2 ( Bermain di Lingkunganku )

Subtema               : 3 ( Bermain di Lingkungan Sekolah )

Pembelajaran        : 1 

Alat Peraga           : Gambar dan Video 

Kompetensi Dasar : B.Indonesia : 3.2, MTK : 3.4 dan SbdP : 3.1

Tujuan Pembelajaran : 

1. Dengan membaca teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda, peserta didik dapat mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa tulis dengan benar.

2. Dengan mengerjakan latihan tentang banyak kelereng, peserta didik dapat menghitung hasil bagi dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100 dengan cermat.

3. Peserta didik dapat menggambar imajinatif berupa “buku yang terbuka” menggunakan gambar susunan kelereng berbeda warna berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan hati-hati.



Selamat pagi anak sholeh dan sholeha? Apa kabar hari ini? 

Semoga kalian selalu menjaga kesehatan dan rajin berolahraga ya nak agar tubuh kita sehat dan tidak mudah terserang penyakit serta  semoga kita semua selalu dalam lindungan allah swt Aamiin ya rabbal alamin 

Baiklah sebelum kita melanjutkan materi pembelajaran hari ini, jangan lupa untuk anak-anak melaksanakan sholat duha, murojaah pagi dan mendengarkan tausyiah serta tak lupa untuk melaksanakan sholat 5 waktunya ya nak 💪 

Sekarang, yuk kita lanjutkan materi pembelajaran hari ini ya nak 💪

Untuk penjelasan pada pembelajaran hari ini dapat menyimak video berikut ini

https://www.youtube.com/watch?v=6vy46BpeUvk


Ciri-ciri kalimat tanya :

  1. Selalu diakhiri dengan tanda baca, yaitu tanda tanya (?).
  2. Pada umumnya diawali dengan kata-kata tanya seperti apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana.
  3. Sering juga disertai dengan imbuhan –kah, dan partikel kan. Contohnya: apakah?, di manakah?, kapankah?, ya kan?.
Ayo Membaca
Bacalah teks percakapan berikut!




Untuk percakapn selanjutnya anak-anak dapat melihat dan membaca BUKU BOS halaman 116. 

Maka, dapat disimpulkan bahwa Pembagian adalah suatu pengurangan berulang. 

6 kelereng dapat dibagi ke 3 orang sama banyak dengan mengurangkan sampai kelereng tersebut habis.

Contoh soal :

Tulis dalam kalimat matematika!

Sebanyak 8 gelas air dibawa oleh 2 orang.
Jika setiap orang membawa gelas sama banyak, berapa gelas air yang dibawa setiap orang?

Jawab : 8 - 2 - 2 - 2 - 2 = 0 
             Sama Artinya , 8 : 2 = 4

Jadi, Setiap orang membawa 4 gelas air. 


Ayo Berkreasii

Apa yang perlu dipersiapkan untuk menggambar?
Apa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar?

Ciri-ciri Seni rupa 2 Dimensi 

Mempunyai panjang dan lebar. 

Hanya dapat dilihat dari satu sisi saja. 

Suatu bidang datar saja. 

Ciri-ciri Seni Rupa 3 Dimensi 

- Mempunyai panjang, lebar, tinggi.

- Menempati ruang.

- Dapat dilihat dari segala sudut pandang.

Dalam membuat suatu Karya Seni 2 Dimensi membutuhkan alat dan bahan seperti: Buku Gambar, Crayon/Pensil warna, Pensil, Penghapus, dan Penggaris.



Tugasmu! 

1. 

Tuliskanlah bentuk pengurangan berulang dari 9:3 !

Jawab : 9 - ... - ... - ... = ....

Sama artinya , 9 : .... = .... 

Setelah itu, warnailah bintang-bintang tersebut dengan warna merah, kuning, dan hijau sesuai dengan kelompoknya!

2. Hitunglah soal pengurangan berikut!

12 : 4 = .................

Jawab : 12 - .... - ..... - ..... =

Sama artinya, 12 : .... = ....


Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Kegiatan Tugas ke WhatsApp IBU MELIN

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 8 SUB 2 PB 4-6

Kelas : 2 A Tema        : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan Subtema : 2 Menjaga Keselamatan di Rumah Pembelajaran :  4-...

Menu

BTemplates.com