Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang pak guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? pak guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar, marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Pak guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menentukan modus, median, dan mean data tunggal yang disajikan dalam bentuk tabel
- Siswa dapat menentukan modus, median, dan mean data tunggal yang disajikan dalam bentuk diagram.
- Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan modus, median, dan mean data tunggal.
PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA ( KD. 3.8 )
B. PENGOLAHAN DATA
Agar data yang disajikan mudah dipahami seseorang perlu ditentukan suatu pemusatan data. Ukuran
pemusatan data yang sering digunakan antara lain
1. Mean (rata-rata)
2. Median (nilai tengah)
untuk mencari median, ada aturan main yang berlaku, yakni:
a. Bila data ganjil, median berada di tengah setelah data diurutkan.
b. Bila data genap, median ditentukan dengan menjumlahkan 2
data ditengah
dan selanjutnya hasilnya dibagi dua
3. Modus (nilai yang paling banyak/sering muncul)
Untuk penjelasan dalam penghitungan mean, median, dan modus, bisa membuka video berikut ini !
Assalamualaikum pak saya Qelsya Rindah Al Zalfa kelas 6D no absen 24 hadir Pak 🙏☺️