MATERI AJAR TEMA 2 SUB 2 PB 4

Kelas : 2 A

Tema  : 2 Bermain di Lingkunganku

Subtema :  2 Bermain di Rumah Teman

Pembelajaran :  4

KD                          : B.I (3.2) Matematika (3.4)

Good morning, happy thursday my lovely students.

How're you today? Miss Winda hope you are always happy and healthy.

Before we study, let's listen the tausiyah first, pray dhuha together, and muroja'ah 😊

Tujuan Pembelajaran : 

1. Peserta didik dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar. 

2. Peserta didik dapat  menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda gas dengan benar.



Video Pembelajaran :
Tematik 2 Subtema 2 Pembelajaran 4


MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 dan 4.2)

Benda Gas 

Kita dapat menyentuh benda padat dan benda cair dengan tangan kita. Kita juga dapat melihat benda padat dan benda cair dengan jelas. Buku, pensil, air, dan susu, dapat dilihat dan disentuh. Bagaimana dengan benda gas? Bisakah kamu melihat dan menyentuhnya? Perhatikan balon, bagaimana bentuknya? Balon berbentuk bulat, padahal di dalamnya terlihat kosong. Di dalam balon berisi udara. Udara merupakan benda gas. Bagaimana dengan pesawat kertas yang bisa terbang?

Pesawat kertas bisa terbang karena adanya angin. Angin adalah udara yang bergerak. Angin juga termasuk benda gas. Gas tidak bisa dilihat dan disentuh, namun gas menempati ruang. Sesuatu yang menempati ruang berarti memiliki volume. Gas memiliki volume meskipun tidak dapat dilihat dan disentuh. Volume dan bentuk benda gas berubah-ubah.


Dari teks di atas, dapat disimpulkan ciri-ciri benda gas adalah:
1. Gas tidak bisa dilihat dan disentuh
2. Gas menempati ruang/memiliki volume
3. Volume dan bentuk benda gas berubah-ubah

Kita biasanya bernapas dengan menghirup udara. nah, udara tersebut adalah benda gas. 
Lalu biasanya Ban diisi oleh angin. angin dan udara tidak dapat kita lihat, sehingga angin dan udara termasuk benda gas.

MUATAN MTK (KD 3.4 dan 4.4)

Hasil perkalian dapat dihitung menggunakan tabel perkalian.
Kita akan mencari perkalian yang menghasilkan angka 16.
Kita bisa mulai dari angka 1, sebab semua angka yang dikalikan 1 akan menghasilkan angka itu sendiri.
Kemudian kita bisa lanjutkan dikalikan dengan angka 2 dan seterusnya yang dapat menghasilkan angka 16. 
















Tugas 

1. Tuliskan contoh benda yang dapat diisi oleh benda gas di sekitarmu !

0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 8 SUB 2 PB 4-6

Kelas : 2 A Tema        : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan Subtema : 2 Menjaga Keselamatan di Rumah Pembelajaran :  4-...

Menu

BTemplates.com