Hari/Tanggal : Jumat, 16 Juli 2021
Kelas : 2D
Mata Pelajaran :
TEMA 1 : Hidup Rukun
SUBTEMA 1 : Hidup Rukun di Rumah
PEMBELAJARAN 2 : Sila Pancasila dan Kalimat Ungkapan
Selamat pagi anak sholeh dan sholeha kelas 2D ....Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar ..
Baiklah seperti biasa Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan proses belajar ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak..
Pada hari ini kita akan melanjutkan kegiatan pembelajaran kita pada materi di kelas 2 semester 1 ini.
Baik berikut materi pembelajaran untuk hari ini disimak dengan baik dan cermat ya nak semangat 💪
Tujuan Pembelajaran
1.Dengan diberikan gambar perisai burung Garuda, siswa dapat memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan benar.
2.Dengan diberikan teks percakapan yang mengandung ungkapan, siswa dapat menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan artinya dengan tepat.
Video Pembelajaran :
Ringkasan Materi :
Anak-anak coba perhatikan gambar diatas. Gambar apakah itu?
Ya benar, gambar Burung Garuda. Jika diperhatikan secara seksama, terdapat perisai Burung Garuda.
Simbol Rantai adalah symbol Sila ke-2 Pancasila yang berbunyi Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
Simbol Kepala Banteng adalah symbol Sila ke-4 Pancasila yang berbunyi Kerakyatan Yang dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan
Penerapan sila pertama dengan cara melakukan beberapa hal, contohnya:
Beribadah sesuai dengan kepercayaan yang dianut.
Menghargai orang lain yang agamanya berbeda dengan kita.
Tolong menolong, meski memiliki agama yang berbeda.
Penerapan sila kedua dengan melakukan hal-hal di bawah ini:
Tidak membeda-bedakan orang yang ada di sekitar kita.
Saling membantu, misalnya melakukan kerja bakti atau memberi bantuan pada korban bencana alam.
Penerapan Sila ketiga ini dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan hal ini:
Mencintai negara Indonesia dengan cara menjaga warisan budaya yang ada.
Menjaga hubungan baik dengan teman-teman satu negara, meski beda suku, agama, dan bahasa.
Penerapan sila keempat dengan melakukan beberapa hal, misalnya:
Menyelesaikan masalah dengan musyawarah.
Tidak memaksakan kehendak kita saat bermusyawarah.
Menerima hasil musyawarah dengan lapang dada.
Penerapan Sila Kelima melambangkan pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua rakyat Indonesia tanpa melihat status atau kedudukan.
Udin : “Buku Kakak banyak sekali.”
Mutiara : “Kakak memang senang membaca buku.”
Udin : “Wah, Kakak memang pantas dijuluki kutu buku.”
Mutiara : “Ayo, kamu juga harus rajin membaca. Ini ada buku cerita bagus, judulnya Bintang Lapangan.”
Udin : “Ceritanya tentang apa, Kak?”
Mutiara : “Cerita tentang pemain sepak bola yang rendah hati, meskipun sudah terkenal.”
Udin : “Berarti dia tidak besar kepala ya, Kak. Terima kasih ya, Kak. Saya boleh meminjam buku Kakak.”
Mutiara : “Sama-sama, Dik.”
Percakapan di atas mengajarkan kita mengenal kata ungkapan baru lainnya. diantaranya adalah : kutu buku, bintang lapangan, rendah hati dan besar kepala. Dari percakapan di atas bisa kita analisis bahwa arti dari kata ungkapan tersebut memiliki arti yang berbeda. Perhatikan kotak di bawah ini !
Tugasmu!
Gambarkan simbol-simbol sila Pancasila ke-1 sampai 5 lalu warnailah yang sesuai dengan gambar tersebut serta tuliskan bunyinya!
Pengumpulan Tugas:
1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup.
2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D
3. Mengirimkan dokumentasi Foto tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN
4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 11.30 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )
Terimakasih 🙏
Stay save and stay at home ya nak
Wassalamualaikum Wr Wb
assalamu'alaikum bu pak ...
Nama Abdurrahman muhammad zaid.
no.absen 1
ringan tangan artinya...= rajin membantu