Menceritakan Pengalaman Baik Sesuai Sila Pancasila

Hari/Tanggal          : Kamis, 22 Juli 2021

Kelas                      : 2D 

TEMA 1                 : Hidup Rukun

SUBTEMA 1         : Hidup Rukun di Rumah 

PEMBELAJARAN 5 dan 6


Selamat pagi anak sholeh dan sholeha kelas 2D .... 

Apa kabar hari ini ? Alhamdulillah luar biasa Allahhu Akbar ..

Baiklah seperti biasa Sebelum kita melaksanakan aktivitas kegiatan proses belajar ada rutinitas harian yang dapat kita lakukan yaitu; melaksanakan sholat dhuha, murojaah pagi, mendengarkan Tausyiah serta yang tak lupa jangan sampai ditinggalkan yaitu sholat 5 Waktunya ya nak.. 

Pada hari ini kita akan melanjutkan kegiatan pembelajaran kita pada materi berikut ini;

Baik berikut materi pembelajaran untuk hari ini disimak dengan baik dan cermat ya nak semangat 💪 

Video Pembelajaran 5 & 6  :

https://youtu.be/grWAv4FKrJs

https://youtu.be/vCePANsd0hs

Tujuan Pembelajaran :

1.Dengan  diberikan teks cerita berkaitan dengan hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di rumah dengan bahasa yang santun.
2.Dengan diberikan kalimat yang mengandung ungkapan, siswa dapat menuliskan makna ungkapan tersebut dalam kalimat yang santun.
3. Dengan diberikan cerita hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai sila keempat dan kelima Pancasila di rumah dengan benar.
4.Dengan diberikan gambar kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan, dan satuan bilangan tiga angka dengan teliti.

Ringkasan Materi :

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan kerja sama bersama anggota keluarga kita, seperti memasak bersama, merawat tanaman bersama, dan membersihkan rumah bersama. Kerja sama adalah melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Kerja  sama adalah contoh penerapan Sila Ketiga.

Ayo Membaca
Udin dan Mutiara rukun dalam melakukan tugas-tugas di rumah.
Mereka mempunyai tugas membersihkan rumah dan halaman.
Bagaimana agar tugas itu dapat diselesaikan dengan baik?

Ayo Berdiskusi
Bacalah teks berikut!
Kebersihan rumah tempat tinggal Udin selalu terjaga.
Setiap anggota keluarga bertugas menjaga lingkungan rumah.
Udin dan Mutiara bertugas menjaga keindahan
halaman rumah.
Mereka melaksanakan tugas dengan cara bekerja sama.


Ayo Membaca
Bacalah dengan nyaring teks percakapan di bawah ini!
Ayah : Hari Minggu nanti kita akan berwisata. Kalian ingin pergi ke mana?
Udin : Aku ingin pergi ke kebun binatang.
Mutiara : Bagaimana kalau ke pegunungan saja?
Ibu : Wah, ada dua pendapat nih. Mana yang akan kita pilih?
Udin : Liburan kali ini saya ingin ke kebun binatang.
Ayah : Mari kita ambil jalan tengah. Ada yang mau mengajukan usul?
Mutiara : Begini saja, saya punya usul. Liburan kali ini kita pergi ke kebun binatang. Liburan selanjutnya kita pergi ke pegunungan.
Udin : Kakak baik sekali. Maaf ya, Kak. Aku sudah bicara terlalu keras tadi. Baik, aku setuju.
Ibu : Itulah manfaatnya kalau persoalan diselesaikan dengan kepala dingin.
Ayah : Kalian memang anak-anak yang hebat.






Tugasmu!
1. Ceritakan dengan singkat kebiasaan baik yang kamu lakukan berhubungan dengan sila ketiga Pancasila di rumah!



2. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!

Pengumpulan Tugas: 

1. Absen pagi pada link yang telah Bpk/Ibu Guru berikan di grup. 

2. Mengirimkan dokumentasi kegiatan beribadah di Grup Kelas 2D

3. Mengirimkan dokumentasi Foto tugas dan dapat mengirimkan ke WhatsApp IBU MELIN 

4. Pengiriman Tugas paling lambat ditunggu pukul 13.00 WIB (Jika lewat jam yang ditentukan dapat japri ibu guru melin )

Terimakasih 🙏

0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 8 SUB 2 PB 4-6

Kelas : 2 A Tema        : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan Subtema : 2 Menjaga Keselamatan di Rumah Pembelajaran :  4-...

Menu

BTemplates.com