MUATAN MATEMATIKA KELAS VI D
GURU KELAS : DIYAN FIRMANSYAH, S. Pd.
Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang pak guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? pak guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar, marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Pak guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa dapat memahami dan menggambar bangun ruang gabungan
2. Siswa dapat menentukan volume bangun ruang gabungan
3. Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan volume bangun ruang gabungan.
VOLUME BANGUN RUANG GABUNGAN( KD. 3.7 )
Volume bangun ruang adalah hasil kali dari luas alas dengan tinggi bangun ruang tersebut. Volume bangun gabungan merupakan jumlah dari volume bangun-bangun pembentuknya. Untuk dapat menentukan volume gabungan dua buah bangun ruang atau lebih tentunya harus menghitung volume bangun-bangun yang menyusun bangun gabungan tersebut. Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mencari volume gabungan bangun ruang adalah ukuran dari masing-masing unsur bangun tersebut. Biasanya ukuran unsur bangun ruang tersebut tidak disebutkan, sehingga harus mencari terlebih dahulu dengan cara melihat unsir-unsur bangun yang lainnya.
Rumus volume bangun ruang :
No. | Bangun Ruang | Volume Bangun | ||||
1. | Prisma | V = Lalas x t | ||||
2. | Tabung | V = π × r² × t | ||||
3. | Limas |
| ||||
4. | Kerucut |
| ||||
5. | Bola |
| ||||
6. | Kubus | V = s x s x s = s³ | ||||
7. | Balok | V = p x l x t |
Contoh :
1.
1.
Bangun diatas merupakan gabungan bangun kerucut, tabung dan setengah bola.
1. Volume kerucut
Diketahui :
s = 13 cm
r = 10 : 2 = 5 cm
Tentukan terlebih dahulu tinggi kerucut menggunakan dalil phitagoras
t² = s² - r²
t² = 13² - 5²
t² = 169 - 25
t² = 144
t = √144
t = 12 cm
V.kerucut = ⅓ × π × r² × t
V = ⅓ × 3,14 × 5² × 12
V = ⅓ × 3,14 × 25 × 12
V = 314 cm³
2. Volume tabung
Diketahui :
Diameter = 10 cm sehingga r = 10 : 2 = 5 cm
Tinggi tabung = 12 cm
V.tabung = π × r² × t
V = 3,14 × 5² × 12
V = 942 cm³
3. Volume setengah bola
Diketahui :
Diameter bola = 10 cm sehingga r = 10 : 2 = 5 cm
V. ½ bola = ½ × 4/3 × π × r
V = ½ × 4/3 × 3,14 × 5
V = 10,47 cm³
Jadi volume gabungan = 314 + 942 + 10,47 = 1.266,47 cm³.
2. Perhatikan bentuk mainan kue tart berikut.
Diameter paling atas pada mainan tersebut adalah 14 cm. tiap diameter di bawah selisihnya 7cm. Berapakah cm³ volume mainan tersebut?
Diketahui :
Pada kue tersebut ada 3 kue berbentuk tabung tersusun.
Diameter kue 1 = 14 cm maka r = 7 cm
Diameter kue 2 = 21 cm maka r = 10,5 cm
Diameter kue 3 = 28 cm maka r = 14 cm
Tinggi seluruh kue adalah: 45 cm. Sehingga 45 cm : 3 = 15 cm. Jadi,masing-masing tinggi tabung kue adalah 15 cm
Ditanyakan : Volume gabungan bangun ruang.
Jawab :
a. Volume Tabung 1 (paling atas)
V1 = | 22 | x 7 x 7 x 15 |
7 |
V1 = 154 × 15
V1 = 2.310 cm³
b. Volume Tabung 2 (tengah)
V2 = | 22 | x 10,5 x 10,5 x 15 |
7 |
V2 = 346,5 × 15
V2 = 5.197,5 cm³
c. Volume Tabung 3 (paling bawah)
V3 | 22 | x 14 x 14 x 15 |
7 |
V3 = 616 × 15
V3 = 9.240 cm³
V Total =2.310 cm + 5.197,5 + 9.240 = 16.747,5 cm³
Jadi,volume mainan kue tersebut adalah 16.747,5 cm³
3.
Diketahui : tinggi limas = 25cm-10cm = 15cm
a. Volume balok = p x l x t = 25 x 8 x 10 = 2.000 cm³
b. Volume Limas = | 1 | x Luas Alas x tinggi |
3 |
= | 1 | x 25 x 8 x 15 |
3 |
= | 1 | x 3.000 = 1.000 cm³ |
3 |
Jadi volume gabungan adalah 2.000 + 1.000 = 3.000cm³
4.
SETELAH KALIAN MENYIMAK DAN MENYAKSIKAN VIDEO DI ATAS SILAHKAN KERJAKAN TUGAS YANG DIBERIKAN, KEMUDIAN KIRIM SCREENSHOOT KEGIATAN PJJ KEPADA PAK GURU SAMPAI PUKUL 12.00 WIB, MOHON UNTUK MENGUMPULKAN TEPAT WAKTU YA NAK! |
Berikut Link untuk Pengerjaan LATIHAN MATEMATIKA. Kerjakan Soal dengan sebaik mungkin agar memperoleh nilai yang maksimal. Kerjakan dengan jujur dan teliti !!!
Selamat Mengerjakan !!!
Assalammualaikum pak
Nama : kayla syahbrina
Kelas 6D
No absen : 11