MATEMATIKA (VOLUME BANGUN RUANG GABUNGAN)

 

MATERI BELAJAR KELAS VI D
MATA PELAJARAN MATEMATIKA (VOLUME BANGUN RUANG GABUNGAN)
{KAMIS, 11 FAEBRUARI 2021}

Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang pak guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? pak guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar, marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Pak guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.


Tujuan Pembelajaran :

  • Siswa dapat memahami dan menggambar bangun ruang gabungan
  • Siswa dapat menentukan luas permukaan bangun ruang gabungan
  • Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang terkait dengan luas permukaan bangun ruang gabungan.


LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG GABUNGAN ( KD. 3.7 )


Luas permukaan bangun gabungan merupakan gabungan dari dua atau lebih pada suatu bangun ruang. Dimana, bangun gabungan ini adalah hasil campuran dari bangun ruang seperti balok, kubus, limas, tabung, kerucut, bola maupun prisma. Dalam menghitung luas permukaan bangun ruang harus memahami jaring-jaring bangun ruang, sehingga lebih mudah untuk memahaminya. Bangun gabungan sendiri dapat dihitung dengan cara menjumlahkan luas sisi terluar, atau bisa dikatakan menghitung luas permukaan bangun ruang gabungan yaitu jumlahkan sisi tegak (selimut) kedua bangun dengan alas gabungan bangun yang terlihat. Jadi, bagian yang tidak terlihat atau yang berhimpitan tidak dihitung.

 

Sebelum kalian mencoba menghitung luas permukaan bangun gabungan dengan rumus-rumus yang ada, sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa langkah yang perlu dilakukan saat akan menghitung luas permukaan bangun ruang, antara lain sebagai berikut :

  • Kenali bangun ruang apa saja yang membangun gabungan bangun tersebut, apakah berupa balok, kubus, limas, maupun prisma
  • Tentukan ukuran-ukuran dari unsur-unsur bangun gabungan tersebut.
  • Pada bagian berimpit yang tidak terlihat biasanya tidak dihitung.
  • Hitunglah luas permukaan menggunakan rumus masing-masing permukaan bangun gabungan.
  • Kita bisa menghitung luas untuk masing-masing bangun ruang penyusunnya dan menjumlahkannya.

5.      Untuk memudahkan dalam menghitung luas permukaan bangun ruang, berikut ini merupakan tabel rumus luas permukaan beberapa bangun ruang.

 No.


Bangun Ruang

Luas Permukaan

1.

Prisma

(2 × La) + (K x t)

2.

Tabung

2πr(r+t)

3.

Limas

La + n x Ls

4.

Kerucut

πr (s + r)

5.

Bola

4πr²

6.

Kubus

6s²

7.

Balok

2 ( pl + pt + lt )

 


Contoh  soal :

 1.  Tentukan luas permukaan gambar berikut!



Diketahui :
Rusuk kubus = 8 cm
Sisi miring segitiga = 5 cm
Alas segitiga = 8 : 2 = 4 cm


Ditanyakan : Luas permukaan bangun gabungan.
Solusi :

Luas limas tanpa alas adalah :

t² = 5² - 4²
t  = √ 25 - 16
t  = √9
t  = 3 cm
L = 4 x LΔ
L = 4 x ½ x 8 x 3
L = 2 x 8 x 3
L = 48 cm²

Luas kubus tanpa tutup adalalah :

L = 5 S2
L = 5 x 82

L = 320 cm²

Luas bangun adalah hasil penjumlahan dari luas sisi tegak limas tanpa alas dan luas kubus tanpa tutup.
L = 48cm²  +320 cm²
L = 368 cm²

Jadi, luas permukaan bangun di atas adalah 368 cm²

2. Luna akan membuat kerajinan dari flannel. Diameter ice cream tersebut 7 cm. Panjang garis tepi cone 15 cm. Berapa cm² kain flannel yang dibutuhkan?



Diketahui :
Diameter bola dan kerucut = 7 cm.
Panjang garis pelukis kerucut = 15 cm.

Ditanyakan : Luas kain flanel yang dibutuhkan.

Jawab :
Luas permukaan ice cream sama dengan luas permukaan setengah bola. Jika dihitung hasilnya adalah

L =

1

x 4πr²

2

L = 2πr²

L = 2 x

22

x 3,5 x 3,5

7

L = 2 x 22 x 0,5 x 3,5
L = 44 x 0,5 x 3,5
L = 22 x 3,5
L = 77 cm²
Luas permukaan cone sama dengan luas permukaan selimut kerucut tanpa alas
Ls = πrs

Ls

22

x 3,5 x 15

7

L = 22 x 0,5 x 15
L = 11 x 15
L = 165 cm²

Luas permukaan bangun adalah jumlah dari luas setengah bola dan luas selimut kerucut tanpa alas
L = 77 cm² + 165 cm²
L = 242 cm²

Jadi, luas kain flannel yang dibutuhkan adalah 242 cm².

3. klik video berikut ini 

 


 

SETELAH KALIAN MENYIMAK DAN MENYAKSIKAN VIDEO DI ATAS SILAHKAN KERJAKAN TUGAS YANG DIBERIKAN, KEMUDIAN KIRIM SCREENSHOOT KEGIATAN PJJ KEPADA IBU GURU SAMPAI PUKUL 12.00 WIB, MOHON UNTUK MENGUMPULKAN TEPAT WAKTU YA NAK!

Berikut Link untuk Pengerjaan LATIHAN MATEMATIKA. Kerjakan Soal dengan sebaik mungkin agar memperoleh nilai yang maksimal. Kerjakan dengan jujur dan teliti !!!

 Selamat Mengerjakan !!!

3 Comments:

  1. Raja Ibnu Rusyd Tsani mengatakan...:

    Assalamu'alaikum Pak Dyan...
    Nama : Raja Ibnu Rusyd Tsani
    Kelas : 6D
    No absen : 26
    Hadir..🙏

  1. mom mengatakan...:

    Kayla syahbrina ( Hadir ) pak

  1. Dirgantara Al fachri mengatakan...:

    Assalamualaikum pak saya Qelsya Rindah Al Zalfa kelas 6D no absen 24 hadir Pak 🙏☺️

Posting Komentar

PENILAIAN HARIAN TEMA 7

Kelas : 2 A Pembelajaran :  Penilaian Harian Tema 7 Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat...

Menu

BTemplates.com