MATERI PENILAIAN HARIAN 14

PENIALAIAN HARIAN 14
TEMA 5 SUBTEMA 2
HARI SENIN, 11 NOVEMBER 2019


MATERI PENILAIAN HARIAN 14

BAHASA INDONESIA
MENGENAL FORMULIR KEGIATAN

Formulir adalah secarik kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang data diri. Formulir diisi sesuai dengan data diri sebenarnya. Umumnya data diri yang harus diisi dalam formulir adalah :
  1. Nama lengkap
  2. Tempat dan tanggal lahir
  3. Umum
  4. Kelas
  5. Alamat
  6. Hobi

Pengertian Daftar Riwayat Hidup atau CV


Daftar riwayat hidup atau CV adalah sebuah daftar yang berisi informasi tentang seseorang atau sejarah hidup seseorang, dimana didalamnya tidak hanya berisi tentang data diri, tetapi juga berisi riwayat pendidikan serta daftar keahlian atau pengalaman kerja yang sudah dimiliki.

 

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Sebelum membahas tentang cara membuat daftar riwayat hidup atau CV, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa tips yang kami bagikan di bawah ini:

1.       Untuk teknik penulisan,

Silahkan Anda sesuaikan dengan syarat dari perusahaan apakah itu ditulis tangan biasa atau diketik.

2.       Ditulis runtut, Sebaiknya daftar riwayat hidup atau CV ditulis dengan runtut, terutama pada bagian riwayat pendidikan, mulailah dari pendidikan dasar yang Anda tempuh hingga perguruan tinggi.

3.       Cantumkan pendidikan serta tahunnya

Bila Anda sempat atau pernah mengikuti pendidikan non formal, cantumkan pula dalam daftar riwayat hidup atau CV disertai dengan tahun berapa Anda mulai mengikutinya hingga tahun Anda selesai dengan pendidikan non formal tersebut.

4.       Cantumkan pengalaman kerja

Bila Anda sudah pernah memiliki pengalaman kerja, Anda juga bisa mencantumkannya berikut tahunnya serta posisi yang pernah Anda tempati.

5.       Cantumkan prestasi yang dilamar

Bila Anda juga memiliki prestasi yang Anda rasa berhubungan dengan calon pekerjaan yang Anda tuju, Anda bisa mencantumkannya juga dalam daftar riwayat hidup atau CV.

6.       Cantumkan pengalaman organisasi

Bila Anda memiliki pengalaman organisasi, sebaiknya Anda juga menyertakannya karena secara tidak langsung pengalaman organisasi ini menunjukkan bahwa Anda bisa bekerjasama dengan orang lain dengan baik.



Menceritakan Riwayat Hidup
1.       Data Diri
2.       Riwayat Pendidikan
3.       Riwayat Pekerjaan
4.       Pengalaman Berorganisasi
5.       Keterampilan Atau Kemahiran
6.       Prestasi Yang Pernah Daraih


ILMU PENGETAHUAN ALAM
PENGERTIAN MAGNET DAN BENTUK MAGNET
Magnet adalah benda yang dibuat dari besi atau baja yang dapat menarik benda-benda dari bahan tertentu (logam).  Magnet biasanya digunakan pada hiasan tempelan kulkas, penutup tempat pensil, dan kompas. Kemampuan magnet dalam menarik benda disebut gaya magnet. Manget memiliki 2 kutub yaitu utara dan selatan.
Berdasarkan Cara Terbentuknya Magnet Dibedakan Menjadi Dua Yaitu
1. Magnet Alam (Terjadi secara alami
2. Magnet Buatan (magnet yang sengaja dibuat oleh manusia)


Magnet adalah salah satu benda yang banyak di gunakan dalam kehidupan manusia saat ini, karena sifatnya yang mampu menarik logam sehingga dapat dimanfaatkan dalam kehiduopan sehari-hari. Magnet dapat di gunakan dalam membuat motor listrik, pembangkit listrik dan sebagainya. Tidak semua benda dapat di tarik oleh magnet, benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut benda magnetik dan yang tidak dapat di tarik disebut dengan non magnetik. Kebanyakan benda magnetic adalah logam, namun tidak semua logam dapat di tarik oleh magnet. Saat logan di tarik oleh magnet, maka logam tersebut akan di pertahankan oleh magnet agar terus menempel padanya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa benda atau bahan-bahan yang dapat di tarik atau ditolak oleh magnet disebut sebagai bahan magnetik atau magnetis dan yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut bahan non magnetik atau non magnetis.

1.      Benda magnetik
Benda magnetik adalah benda-benda yang terbuat dari bahan-bahan yang mengandung unsur magnet atau logam yang dapat berinteraksi dengan magnet. Bahan – bahan magnetik memiliki kekuatan menempel yang berbeda – beda, sehingga dapat di kelompokkan menjadi tiga. Kebanyakan bahan ini adalah logam. Berikut adalah klasifikasi bahan magnetik :

Bahan ferromagnetik

bahan ini adalah bahan yang ditarik kuat oleh magnet, sehingga biasanya digunakan sebagai pasangan magnet dalam berbagai keperluan. Contoh bahan ferromagnetik adalah besi, baja, kobalt, dan nikel.

Bahan paramagnetik

bahan ini adalah bahan yang ditarik lemah oleh magnet dan tidak sekuat ferromagnetik. Contoh bahan paramagnetik adalah alumunium dan platina.

Bahan diamagnetik

bahan ini adalah bahan yang ditolak lemah oleh magnet. Contohnya adalah seng, bismuth, dan natrium klorida.

2.      Benda non magnetic

Benda non magnetik / magnetis adalah benda yang sebagian besar mengandung bahan yang tidak dapat ditarik oleh magnet. Bahan non magnetik tidak dapat di tarik atau ditolak oleh magnet, sehingga biasanya hanya menjadi pembungkus untuk alat –alat yang berhubungan dengan magnet. Kebanyakan bahan ini adalah bahan non logam, contohnya adalah plastik.

 

Contoh bahan magnetik dan bahan non magnetik

Setiap bahan jika dikaitkan dengan kemampuannya menarik benda atau memiliki gaya magnet atau tidak pasti akan terbagi dua yaitu benda atau bahan magnetik dan yang tidak magnetik. Berikut adalah contohnya :

Contoh bahan magnetik

Berikut adalah beberapa contoh bahan yang dapat ditarik oleh magnet :
1.       Besi, Besi atau fe (ferrum) adalah logam yang paling umum digunakan di bumi karena merupakan unsur keempat terbesar pada kerak bumi. Besi dapat di tarik oleh magnet karena termasuk kedalam bahan ferromagnetik.
2.       Baja, Selain besi, baja juga merupakan bahan ferromagnetik yang dapat ditarik kuat oleh magnet. Tentu saja baja yang ditarik kuat adalah baja murni.
3.       Kobalt, Elemen yang biasanya ditemukan dalam bentuk campuran di ala mini juga merupakan bahan yang dapat ditarik kuat oleh magnet.
4.       Nikel, Tidak seperti besi, nikel adalah salah satu logam yang tahan terhadap karat. Namun sayangnya nikel bersifat lembek dan biasanya dijadikan sebagai campuran pembuat bahan baja yang keras dan tahan karat.

Contoh bahan non magnetik

Berikut adalah beberapa contoh bahan yang tidak dapat ditarik maupun ditolah oleh magnet :
1.       Kayu, Kayu adalah bahan yang berasal dari tumbuhan, biasanya digunakan sebagai bahan pembuat perabot hingga membuat rumah. Karena kayu bukanlah sejenis logam maka ia tidak dapat ditarik oleh magnet.
2.       Plastik, Plastik adalah bahan yang terbentuk oleh kondensasi organik atau penambahan polimer. Kita pasti telah kenal betul dengan plastik karena banyak perlengkapan yang terbuat dari plastik.

Manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari

Ada banyak manfaat magnet yang biasanya digunakan pada peralatan penunjang kegiatan manusia sehari-hari dan sebenarnya keberadaan magnet ini mungkin tidak banyak yang menyadari tapi karena magnet inilah alat tersebut bisa berfungsi. Dengan ditemukannya magnet maka juga sebagai titik munculnya peradaban mesin karena jantung dari mesin adalah magnet. Berikut ini adalah manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari yang perlu anda ketahui.

1.   Pengeras suara
Pengeras suara atau loud speaker atau anda lebih mengenalnya dengan istilah singkat speaker saja merupakan kombinasi antara magnet yang dipasang secara permanen dengan daya elektromagnetik. Cara kerja dari pengeras suara ini adalah dengan mengubah listrik menjadi suara melalui mekanisme tertentu
2.   Microfon
Kebalikan dari pengeras suara yang mengubah energi listrik menjadi suara, pada microfon justru mengubah energi suara menjadi energi listrik. Sebenarnya dalam setiap microfon memiliki mekanismenya sendiri-sendiri dalam hal mengubah energi suara menjadi listrik tergantung pada jenis microfonnya masing-masing. namun dari semua perbedaan tersebut dalam sebuah mic pasti memiliki satu persamaan yaitu memiliki bagian utama yang disebut dengan diafragma.
3.    Pintu kulkas
Pernahkah anda berfikir mengapa pintu kulkas atau lemari tidak ada kuncinya? Jika iya maka magnetlah jawabannya. Jadi pintu kulkas atau lemari es memang tidak membutuhkan kunci namun tetap bisa ditutup dengan rapat bahkan terkadang harus membutuhkan energi ektsra untuk membukanya. Hal ini disebabkan karena di sekitar pintu kulkas sudah dipasang magnet. Lemari es sendiri terbuat dari material yang sangat mudah ditarik oleh magnet seperti  baja atau besi kuat. Sedangkan pada bagian pintu magnet sudah dipasang magnet yang berukuran panjang dan ditutup dengan karet. Dengan ini anda tidak perlu khawatir lagi karena lemari es pasti akan menutupnya dengan rapat.
4.  Kompas
Kompas digunakan sebagai penunjuk arah juga terbuat dari magnet. Jarum kompas akan menunjukkan arah selatan dan utara. Hal ini disebabkan karena bumi juga memiliki medan magnet sangat besar di bagian kutub utara dan selatan. Jadi ketika jarum kompas digunakan pasti menunjukkan kedua arah selatan dan utara tersebut. Sifat magnet yang selalu bertolak belakang sebenarnya membuat jarum kompas utara akan menunjuk bagian selatan dan juga sebaliknya. namun anda tidak perlu khawatir karena dengan adanya mekanisme khusus di dalam kompas anda sudah tidak perlu menerjemahkan kebalikan tersebu
5.  Dynamo sepeda
Pada sepeda yang bisa menghasilkan energi listrik atau ketika anda menggunakan sepeda dan bisa menyalakan lampu sepeda di malam hari maka itu juga peran dari adanya magnet di dalam dynamo sepeda. Ketika roda sepeda bergerak juga akan menggerakan kepala dynamo. Sedangkan di dalam dynamo ini memiliki sebuah magnet yang akan berputar di dalam kumparan tetap. Kemudian getaran dari gesekan antara roda sepeda magnet ini akan menghasilkan medan elektromagnetik dimana secara perlahan akan menjadi energi listrik. Jadi, anda bisa menghasilkan listrik hanya dengan mengayuh sepeda.
6.  Pengangkat besi
Alat pengangkat besi sebenarnya sama halnya jik kita sedang mencari suatu benda yang terbuat dari besi dengan menggunakan magnet biasa. Saat ini alat pengangkat besi sudah dirancang sedemikian rupa yang digunakan untuk memilah material dari logam dan non logam dan ini biasanya digunakan dalam industri besar seperti tambang besi atau pemilahan sampah secara modern. Pemilahan  material logam dan non logam ini bertujuan untuk memudahkan kerja dari industri itu sendiri. Pada pembuangan sampah modern lebih berguna untuk memudahkan daur ulang.
7.  Bel listrik
Manfaat dari magnet dalam kehidupan sehari-hari lainnya adalah pada bel listrik entah itu digunakan dalam sekolah, rumah, orang jualan dan sebagainya. Cara kerja dari bel listrik ini sebenarnya mudah yaitu ketika bel listrik ditekan maka akan mendapatkan aliran listrik di dalamnya. aliran listrik tersebut kemudian akan mengalirkan energi elektromagnetik di dalam interuptor. Nah, bagian interuptor inilah yang akan menarik pemukul sehingga bisa berbunyi dan jika bel dilepas maka tidak ada daya pada interuptor sehingga bel pun akan mati. Proses ini akan berlangsung sedemikian rupa sampai bel mati terutama pada bel yang jika ditekan akan menghasilkan lagu sebagai iramanya biasanya sudah ada mekanisme sendiri di dalam bel tersebut.




SENI BUDAYA DAN PRAKARYA

Poster  adalah salah satu jenis reklame yang berbentuk lembaran berisi informasi atau promosi suatu produk.

Bagian-bagaian poster kegitan (5) :
1.       Judul
2.       Nama penyelenggara
3.       Informasi singkat tentang isi pameran
4.       Waktu dan tempat
5.       Kontak yang dapat dihubungi

Macam-macam poster (3)
1.       Poster niaga (bertujuan untuk mempromosikan produk-produk,      
    biasanya ditemuka ditempat umum)
2.       Poster kegiatan (pemberitahuan suatu kegiatan kepada para pembaca 
    untuk mendatangi kegiatan tersebut)
3.       Poster layanan masyaraka (berisi imbauan kepada masyarakat untuk 
    melakukan suatu hal yang bermanfaat baik seperti ajakan hidup sehat)

Kriterian poster yang dikatakan baik adalah (7)
1.       Bahasa yang digunakan mudah dipahami
2.       Tulisan terbaca dengan jelas
3.       Judul poster harus lebih mudah terbaca
4.       Waktu dan tanggal pelaksanaan jelas
5.       Warna tulisan mencolok agar mudak dibaca
6.       Gambar terlihat dengan jelas
7.       Ukuran sesuai dengan tempat pemasangan


PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Manfaat Keberagaman Wirausaha
1.       Memenuhi kebutuhan manusia yang beragam
2.       Meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar tempat usaha
3.       Menciptakan inovasi baru (memanfaatkan barang bekas untuk 
      wirausaha)
4.       Membantu pembangunan nasional bidang industri
5.       Mengurangi penagangguran
6.       Meningkatkan persatuan dan kesatuan pemilik usaha dan warga sekitar

  
Dalam menjalankan usahanya seorang harus memiliki sifat kerja keras dan pantang menyerah. Sikap tersebut dapat mengembangkan sebuah usaha menjadi maju. Seorang pemilik usaha juga memiliki tanggung jawab tidak hanya terhadap barangnya saja tetapi kemasannya juga perlu diperhatikan.

Sikap tanggung jawab yang sebaiknya dimiliki oleh wirasuaha (7)
1.       Barang yang dihasilkan memenuhi persayaratan dagang
2.       Menjada dan meningkatkan kualitas barang
3.       Menciptaka kemasan dagang yang unik
4.       Melakukan inovasi tehadap kemasan dan isi
5.       Menjaga kelestarian SDA yang digunakan sebagai bahan baku
6.       Mengurangi pengangguran denga cara memberdayakan masyarakat sekitar
7.       Menjaga kelestarian lingkungan sekitar dengan tidak membuang limbah

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Komoditas Impor Indonesia
1.       Barang Konsumsi, terdiri atas makanan dan minuman untuk rumah tangga, bahan bakarm alat angkutan, dan lain lain
2.       Barang baku dan penolong, meiputi makanan dan minuman untuk industri, bahan baku industri, bahan bakar dan pelumas, suku cadang dan lain lain
3.       Barang modal, meliputi mesin mesin pabrik, traktor, dan kendaraan bermotor.

Komoditas Ekspor Indonesia
1.       Hasil Pertanian dan hasil laut : getah karet, teh, lada hitam, lada putih, kopi, rotan, udang ,    
        ikan  tuna, dan lainya.
2.       Hasil Industri : Kayu lapis pakaian jadi, timah, alumunium, minyak kelapa sawit.
3.       Hasil tambang diluar migas : Biji tembaga, biji nikel, bauksit, batubara.
4.       Hasil hutan : kayu, rotan, kemenyan, dammar, barang anyaman, mebel, dan lainya.

Indonesia memiliki SDA yang sangat melimpah, hal ini dimanfaatkan bangsa dalam melakukan kegiatan ekonomi, baik dari sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, pertambangan, dan industri

Jenis-jenis barang komoditas yang diekspor oleh Indonesia
1.       Industri (semen, tekstil, kain batik)
2.       Pertanian dan perkebunan (kedelai, cokelat, lada, jagung, kelapa 
    sawit, karet, kopi, dan the)
3.       Hutan (kayu potongan, rotan, dan damar)
4.       Peternakan dan perikanan (daging kemasan, udang, ikan laut, dan 
    mutiara)
5.       Pertambangan (migas, batubara, logam emas, perak, besi, timah, dan 
    nikel)

Barang-barang yang di import negara Indonesia (5)
1.       Barang olaan migas (bensin, solarm kerosin, dan avtur)
2.       Barang konsumsi (makanan dan minumuan yang diawetkan, daging, 
    susu, dan buah-buahan)
3.       Barang industri (mesin pembangkit tenaga listrik, alat   
    telekomunikasi, alat transportasi, dan mesin industri)
4.       Bahan baku (bahan baku makanan dan minuman, suku cadang mesin, dan 
    bahan kimia industri)
5.       Tenaga ahli 

Peran Indonesia di bidang ketenagakerjaan dalam lingkup ASEAN
Salah satu bentuk kerjasama ekonomi yang dilakukan Indonesia adalah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yaitu perdagangan barang dan jasa antar negara ASEAN. Selain itu setiap negara dapat melakukan pertukaran tenaga kerja guna memnuhi kebutuhan tenaga kerja tiap negara.

0 Comments:

Posting Komentar

MATERI AJAR TEMA 8 SUB 2 PB 4-6

Kelas : 2 A Tema        : 8 Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan Subtema : 2 Menjaga Keselamatan di Rumah Pembelajaran :  4-...

Menu

BTemplates.com