PEMBELAJARAN TEMA 7 SUBTEMA 2 (PB 1-3)


MATERI BELAJAR KELAS VI

TEMA 7. KEPEMIMPINAN SUBTEMA 2. PEMIMPIN IDOLAKU

PEMBELAJARAN 1-3

 

 

     Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang pak guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? pak guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar, marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Pak guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.


Muatan Pembelajaran :

  • Muatan PPKn KD 3.1 dan 4.1
  • Muatan Bahasa Indonesia KD 3.3 dan 4.3
  • Muatan IPA KD 3.2 dan 4.2
  • Muatan IPS KD 3.3 dan 4.3
  • Muatan SBdP KD 3.3 dan 4.3

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu menjelaskan nilai-nilai persatuan dan kerakyatan dalam kehidupan dengan benar
  2. Siswa dapat menyusun konsep urutan isi pidato
  3. Siswa mampu menjelaskan upaya menjaga kesehatan reproduksi pada masa pubertas dengan baik
  4. Siswa mampu mengidentifikasi peran Indonesia dalam bidang sosial di ASEAN dengan benar
  5. Siswa mampu menyebutkan berbagai bentuk tari kreasi daerah berpasangan dengan baik

 


PPKn

Seorang pemimpin memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk mempersatukan seluruh anggotanya. Nilai persatuan merupakan nilai pokok dalam Pancasila sila ketiga. Sila ketiga yang berbunyi Persatuan Indonesia memiliki makna dan nilai persatuan.

Nilai-nilai yang terkandung dalam sila ketiga pancasila :

  1. Menempatkan kepentingan, keselamatan, persatuan, dan kesatuan bangsa diatas kepentingan pribadi dan golongan.
  2. Mempunyai rasa cinta kepada tanah air, bangsa, serta Negara dengan cara rela berkorban demi kepentingan bangsa.
  3. Menghormati berbagai keanekaragaman yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
  4. Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Jika semua nilai-nilai tersebut dilaksanakan dengan baik. Tentunya dapat mendorong kehidupan bangsa Indonesia yang selalu menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan. Bangsa Indonesia juga tidak akan mudah terpecah belah.

Makna Sila Keempat Pancasila dan Penerapannya Sehari-hari

Makna sila keempat Pancasila menegaskan bahwa segala proses pengambilan keputusan harus berdasarkan pada musyawarah sehingga dapat menciptakan kesepakatan bersama. Selain itu, sila ini juga menegaskan bahwa pemerintahan Indonesia diselenggarakan oleh rakyat, dari rakyat, dan untuk rakyat. 

Makna dan nilai yang terkandung dalam Pancasila sila keempat, antara lain sebagai berikut :

  1. Setiap warga Negara memiliki hak dan kewajiban yang sama
  2. Asas kekeluargaan digunakan untuk melakukan musyawarah mufakat.
  3. Mengutamakan segala kepentingan bersama dan kepentingan bangsa melebihikepentingan diri sendiri dan golongan.
  4. Melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan yang menyangkut banyak orang.

Bahasa Indonesia

Pidato yang baik adalah pidato yang disampaikan dengan bahasa yang lugas dan disampaikan secara runtut. Oleh karena itu, pidato harus dirancang agar menjadi pidato yang singkat dan padat serta pesan di dalamnya tersampaikan dengan baik. Pesan dari pidato yang disampaikan biasanya diucapkan oleh orator dengan penekanan atau intonasi suara tertentu. Hal ini bertujuan agar audiensi dapat menangkap pesan dari pidato.

Langkah-langkah membuat teks pidato :

  1. Menentukan maksud atau tujuan pidato.
  2. Mengamati pendengar dan situasi sekitar
  3. Memilih topic pidato yang sesuai
  4. Membuat kerangka pidato
  5. Menguraikan secara mendetail.

IPA

Pada masa pubertas, remaja mengalami perubahan-perubahan fisik dan tubuh lebih aktif.

Perubahan fisik seperti keringat yang lebih banyak dapat menjadi sumber penyakit.

Cara-cara menjaga kebersihan diri pada masa pubertas :

  1. Mandi dan menggosok gigi secara teratur.
  2. Mencuci muka secara teratur untuk mencegah atau mengurangi jerawat.
  3. Memakai pakaian yang bersih, milik pribadi, dan disarankan menggunakan pakaian dalam dengan bahan menyerap keringat.
  4. Mengganti pakaian dengan pakaian yang bersih setelah selesai berolahraga.

IPS

Kerjasama Negara Indonesia dan Negara-Negara di Asia Tenggara dalam Bidang Pendidikan, Sosial, dan Pangan

Organisasi ASEAN didirikan dengan berbagai tujuan. Beberapa diantaranya adalah untuk menciptakan stabilitas serta meningkatkan kerja sama antara Negara-negara ASEAN dalam berbagai bidang. 

Berikut adalah kerjasama Negara-negara ASEAN dalam bidang-bidang tersebut :

Kerjasama ASEAN di bidang pendidikan

  1. Pembentukan jaringan perguruan tinggi se-ASEAN. 
  2. Peran jaringan ini adalah memberikan informasi mengenai perguruan tinggi terbaik yang dapat dipilih oleh para calon mahasiswa di Asia Tenggara. Jaringan ini juga berfungsi untuk membantu proses pertukaran pelajar antar Negara di ASEAN.
  3. Menyediakan sarana pendidikan berupa sekolah dan perlengkapan sekolah yang memadai.
  4. Melakukan pertukaran antar pelajar dari Negara-negara ASEAN.

Kerjasama ASEAN dibidang sosial

  1. Pertukaran kunjungan antar seniman ASEAN
  2. Pertukaran berita dan penyiaran informasi mengenai ASEAN melalui televise, radio, dan satelit.
  3. Penyelenggaraan pesta olahraga Sea Games setiap 2 tahun sekali.
  4. Penanganan bencana alam yang terjadi di Negara ASEAN

Kerjasama ASEAN di bidang pangan

  1. Penyediaan pupuk, diantaranya melalui pabrik pupuk Sriwijaya (PUSRI) di Palembang.
  2. Didirikan IRRI (International Rice Research Institute) di Filipina untuk melakukan penelitian agar Negara-negara ASEAN memiliki ketahanan pangan.
  3. Ekspor dan impor komoditas pangan dari Negara-negara ASEAN.

SBdP

Indonesia memiliki jenis tari daerah yang beraneka ragam. Setiap tari daerah memiliki cirri dan keunikan masing-masing. 

Jenis tari daerah dibagi menjadi 2 : 

  1. Tari tradisional
  2. Tari kreasi daerah

Tari kreasi adalah rangkaian gerak tari baru dari perpaduan gerak tari tradisional kerakyatan dengan tari tradisional klasik.

Berdasarkan jumlah penarinya, tari kreasi daerah dibedakan menjadi 

  1. Tari tunggal
  2. Tari berpasangan
  3. Tari berkelompok.

Tari berpasangan dapat dilakukan oleh pasangan penari putra dan putri, pasangan penari putra dan putra, atau pasangan penari putra dan putri.

Contoh tari berpasangan :


UNTUK ABSENSI DAN TUGAS SILAHKAN KLIK LINK DIBAWAH INI DAN BATAS PENGUMPULAN TUGAS PAK GURU TUNGGU SAMPAI PUKUL 12.00 WIB !!!

 
 
HASIL DOKUMENTASI PEMBELAJARAN DARING
HARI JUM'AT 23 JANUARI 2021 (MENGERJAKAN CERDAS HAL 34-36)
 





 

7 Comments:

  1. Unknown mengatakan...:

    assalamualaikum pak...Naufal AL Aziz juhari hadir pak

  1. Raja Ibnu Rusyd Tsani mengatakan...:

    Assalamu'alaikum Pak Dyan...
    Raja Ibnu Rusyd Tsani
    Kelas : 6D
    No absen : 26
    Hadir...

  1. Kirani khairunnisa mengatakan...:

    Assalamu'alaikum pak
    Nama : Kirani khairunnisa
    Kelas : 6D
    Absen : 13
    Hadir

  1. mom mengatakan...:
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  1. mom mengatakan...:

    Assalammualikum pak
    Nama : kayla syahbrina
    Kelas : 6D
    Absen :11
    Hadir

  1. Najib mengatakan...:

    Assalamualaikum pak
    Nama:M.Najib Deski
    Kls:6D
    Hadir

  1. Dirgantara Al fachri mengatakan...:

    Assalamualaikum pak saya Qelsya Rindah Al Zalfa kelas 6D no absen 24 hadir Pak 🙏

Posting Komentar

PENILAIAN HARIAN TEMA 7

Kelas : 2 A Pembelajaran :  Penilaian Harian Tema 7 Selamat pagi sholih sholiha bu guru kelas 2A. bagaimana kabarnya?  Semoga selalu sehat...

Menu

BTemplates.com